Hyundai Palisade Recall, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Hyundai Palisade
Sumber :
  • Dok: HMID

Australia – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai telah menarik kembali atau recall Palisade tahun produksi model 2023 di pasar Australia.

Adapun sebanyak 16 unit Hyundai Palisade telah ditarik kembali karena adanya potensi kerusakan pada pegas katup mesin.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Drive pada Senin, 8 Juli 2024, Hyundai Palisade tahun 2023 yang terlibat dalam recall ini menggunakan mesin bensin V6 3,8 liter. Diketahui, ada kemungkinan unit-unit yang belum terjual juga bisa terpengaruh.

Setelah mengetahui informasi recall, Departemen Infrastruktur Hyundai mengatakan bahwa kejadian ini terjadi karena adanya kesalahan produksi.

SUV bongsor Hyundai Palisade

Photo :
  • Dok. Hyundai

"Karena cacat produksi, dalam kondisi tertentu pegas katup mesin dapat retak. Jika hal ini terjadi, mesin dapat mati sehingga mengakibatkan hilangnya tenaga penggerak," ujar departemen tersebut.

Adapun, kehilangan daya gerak saat mengemudi bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga kematian.

"Hilangnya daya gerak saat berkendara dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kematian pada penumpang kendaraan dan/atau pengguna jalan lainnya," lanjut Departemen.

Sebagai informasi, pemilik Palisade dapat menghubungi diler resmi Hyundai dan membuat jadwal pertemuan untuk pergantian perakitan sub-mesin tanpa biaya sepersen pun.