Punya Uang Segini Bisa Kredit Yaris Cross, Cicilan Termurah Setara Gaji UMR

VIVA Otomotif: Toyota Yaris Cross di GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Arianti Widya

Jakarta – Pilihan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) di Tanah Air semakin beragam. Semua brand memiliki produk sejenis dengan spesifikasi, desain, dan harga berbeda-beda sesuai segmen yang mereka incar.

Toyota misalnya, menawarkan banyak mobil SUV yang secara kelas berbeda-beda. Namun untuk meramaikan segmen SUV kompak dengan konfigurasi 5-penumpang mereka menghadirkan All New Yaris Cross.

Sebagian orang bermimpi ingin memiliki Toyota Yaris Cross. Namun karena keuangan terbatas, kredit menjadi jalan alternatif. Mengingat sejumlah diler Toyota sudah bekerja sama dengan banyak leasing, atau lembaga pembiayaan.

Setiap leasing punya gimik, atau strategi berbeda-beda untuk menarik minat konsumen, baik dari sisi uang muka, bunga, angsuran, dan tenor atau jangka waktu kredit yang ditawarkan untuk pembelian Yaris Cross.

Toyota Yaris Cross terbaru yang meluncur Juni 2023 ditawarkan beberapa varian. Untuk standarnya ditawarkan 4 tipe yang dibanderol mulai Rp353,900 juta tipe G manual, sampai Rp420,200 juta tipe S GR CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Sedangkan Yaris Cross Hybrid harganya mulai Rp440,600 juta tipe S HV CVT, sampai Rp449,950 juta tipe S HV CVT GR with TSS. Semua harga itu statusnya on the road Jakarta. Lantas berapa cicilan paling murah mobil SUV kompak tersebut?

Melalui keterangan resmi Toyota Auto2000, untuk kredit Yaris Cross tersedia paket DP 30 persen, jika memilih tipe terendah non hybrid maka konsumen perlu merogoh kocek sebesar Rp114,387 juta di awal, dengan angsuran per bulan Rp6,067 juta selama 5 tahun.

Artinya cicilan Yaris Cross paling murah lebih tinggi dari gaji UMR Jakarta, atau upah minimum regional. Jika konsumen memilih paket tersebut, penghasilan per bulan minimal Rp18 jutaan agar disetujui leasing, atau tiga kali lipat lebih besar dari angsuran yang diajukan.

"Dengan membeli mobil baru di Auto2000, dapat memanfaatkan layanan Emergency Roadside Assitance (ERA) 24 jam yang diberikan gratis selama 5 tahun. Mulai dari battery jumper, membantu mengganti ban mobil yang kempis dengan ban cadangan mobil," ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dikutip dari keterangan resminya, Selasa 25 Juni 2024.

Yaris Cross generasi terbaru ditawarkan dalam dua pilihan jantung pacu, yaitu mengandalkan mesin 1.500cc berkode 2NR-VE serupa dengan Avanza dan Veloz yang menyemburkan tenaga 104,6 dk, dan torsi 138 Nm.

Untuk versi hybrid, mengkombinasikan mesin bensin berkode 2NR-VEX bertenaga 89,9 dk dan torsi 121 Nm, dengan motor listrik untuk menggerakkan roda depannya bertenaga 59 kw dengan torsi 141 Nm.

Mobil SUV itu masih satu platform dengan All New Avanza, Veloz, atau Daihatsu Xenia generasi terbaru.