Chery Pastikan Tiggo 5X di Indonesia Aman dan Tak Terkait Recall di Filipina
- Arianti Widya
Jakarta, 29 Mei 2024 – United Asia Automotive Group Inc selaku distributor Chery di Filipina telah melakukan recall pada model Chery Tiggo 5X Pro. Perihal kasus itu, PT Chery Sales Indonesia (CSI) memastikan bahwa Tiggo 5X yang ada di Tanah Air tidak terdampak.
Seperti diberitakan sebelumnya, Chery Auto Philippines telah mengumumkan recall terhadap 90 unit Tiggo 5X Pro. Model yang terdampak, adalah produksi 2024.
Pabrikan asal Cina ini melakukan perbaikan untuk model Chery Tiggo 5X Pro di Filipina, dengan masalah sama seperti Omoda 5 yang terjadi beberapa waktu lalu. Di mana ditemukan potensi kerusakan di sumbu roda belakang (rear axle) akibat pengelasan pada komponen tersebut tidak sempurna.
Apabila tidak diatasi atau diperbaiki, maka besar kemungkinan manik-manik las yang tidak sempurna itu bisa pecah saat kendaraan melaju atau ketika melintasi medan jalan yang sulit. Para konsumen pun sudah dikabari perihal kampanye recall ini.
Pabrikan asal Cina ini melakukan perbaikan untuk model Chery Tiggo 5X Pro di Filipina, dengan masalah sama seperti Omoda 5 yang terjadi beberapa waktu lalu. Di mana ditemukan potensi kerusakan di sumbu roda belakang (rear axle) akibat pengelasan pada komponen tersebut tidak sempurna.
Pemeriksaan sumbu roda belakang diperkirakan memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. Apabila memerlukan perbaikan atau penggantian, maka prosesnya bisa memakan waktu minimal 5 jam tergantung jadwal kedatangan pelanggan.
Lalu bagaimana dengan kondisi Tiggo 5 yang dijual di Indonesia? CSI memastikan bahwa mobil jenis SUV itu melewati kualiti ketat sebelum dikirimkan ke konsumen, dan dipastikan terbebas dari kemungkinan masalah yang serupa.
"Chery Indonesia sudah mendapatkan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di Filipina dengan TIGGO 5X. Dengan kondisi di Indonesia belum melakukan peluncuran dan pendistribusian, maka hal ini memberikan kesempatan kepada kami untuk semakin ketat dalam melakukan pengecekan. Kami akan memastikan bahwa setiap unit terbebas dari semua kemungkinan masalah dan terlebih dahulu melalui QC ketat sebelum dikirimkan kepada konsumen," bunyi pernyataan Chery Indonesia kepada VIVA Otomotif, Rabu 29 Mei 2024.
"Untuk kasus yang terjadi di Filipina, mereka sudah memberikan pernyataan resmi dan itu merupakan bagian dari etos kerja Chery Group untuk selalu memprioritaskan seluruh konsumen Chery di seluruh dunia. Kami sebagai perusahaan yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan konsumen, tentu akan memberikan respon yang solutif untuk setiap masalah yang mungkin muncul," lanjut pernyataan tersebut.