SPKLU Super Cepat untuk Mobil Listrik Tersedia di Aceh dan Yogyakarta

SPKLU Ultra Fast Charging di diler Toyota Yogyakarta
Sumber :
  • Dok: TAM

Jakarta, 20 Desember 2023 – PT Toyota-Astra Motor terus memperluas ekosistem mobil listrik mereka, dengan menambah stasiun pengisian kendaraan listrik umum alias SPKLU cepat (Ultra Fast Charging/UFC) di dua diler resminya di Indonesia, yaitu Nasmoco Bantul di Yogyakarta dan Dunia Barusa di Aceh.

UFC di Kota Gudeg memiliki daya sebesar 120 kW dan 150 kW di Kota Serambi Mekkah, yang dapat mengisi baterai mobil listrik dari nol hingga 80 persen dalam waktu 30-45 menit.

Kehadiran UFC ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas pelanggan mobil listrik (BEV) dan hybrid (PHEV) Toyota di daerah perkotaan dan perjalanan antar kota.

“Khususnya di wilayah Yogyakarta dan Aceh yang memiliki banyak lokasi wisata,” ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

SPKLU Ultra Fast Charging di diler Toyota Yogyakarta

Photo :
  • Dok: TAM

Sejak bulan November 2023, tercatat sudah ada 74 diler resmi Toyota di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat yang memiliki fasilitas charging spot.

TAM menargetkan bahwa pada akhir tahun 2024, seluruh jaringan diler resmi mereka di Tanah Air akan memiliki charging spot, termasuk UFC di beberapa diler dan tempat-tempat strategis lainnya di pulau-pulau besar di Indonesia.

Selain di diler resmi, TAM juga berencana membangun lebih banyak UFC 120 kW di beberapa mal kota besar termasuk Jakarta, bersama AC Charger yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut.

Peresmian SPKLU Ultra Fast Charging Toyota

Photo :
  • Dok: TAM

Untuk meningkatkan jarak tempuh BEV dan PHEV Toyota, akan ada tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW di rest area lainnya.

Penambahan stasiun pengisian cepat ini sejalan dengan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia.

“Kami berharap, dukungan ini dapat meningkatkan popularitas xEV Toyota dan mengajak lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon lewat berbagai cara sesuai kemampuan pelanggan,” tutur Fumitaka Kawashima yang juga menjabat sebagai Marketing Director TAM.