Audi Kembangkan Mobil Listrik yang Bisa Bersihkan Polusi Udara

Logo Audi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA Otomotif – Saat ini mobil listrik mulai dikembangkan oleh produsen untuk menyiapkan kendaraan ramah lingkungan di masa depan. Banyak dari mereka yang menghadirkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan aktivitas berkendara.

Diketahui, salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan mobil listrik adalah Audi. Produsen ini dikenal dengan produk mewah yang dihadirkan kepada konsumennya. Baru-baru ini, mereka mengembangkan teknologi baru untuk kendaraan listriknya.

Dikutip VIVA dari Zigwheels, Selasa 18 Oktober 2022, perusahaan asal Jerman ini diketahui membuat sistem untuk membersihkan udara secara aktif pada kendaraan EV (Electric Vehicle). Nantinya, filter udara tersebut akan mengumpulkan partikulat dari area sekitarnya, baik saat mengemudi maupun mengisi daya.

Ilustrasi gambar mobil Audi A4 terbaru

Photo :
  • Motoroids

"Filter partikulat ini adalah contoh upaya kami untuk berinovasi demi keuntungan semua orang dan kolaborasi yang sukses dengan pemasok khusus. Kami sudah melakukan banyak hal hari ini atas inisiatif kami sendiri," ujar Manajer Proyek Pengembangan Sistem Lampiran Audi AG, Fabrian Groh.

Tak seorang diri, Audi bermintra dengan pemasok MANN+HUMMEL dalam proyek ini. Mereka telah diuji sejauh 50.000 km pada kendaraan uji e-tron perusahaan. Saat mengemudi, teknologi ini secara pasif menyaring udara melalui pergerakan kendaraan, udara mengalir melalui sistem filter, yang menangkap bahkan partikel terkecil.

Sistem ini terintegrasi ke dalam aliran udara kendaraan yang ada di depan radiator. Bahkan filter ini dapat dikontrol melalui saluran masuk udara pendingin yang dapat diganti dan fungsi mekanisnya mirip dengan penyedot debu. Partikel debu halus tersangkut di filter dan udara masih bisa mengalir melaluinya.

Pembuat mobil berharap sistem ini akan menjadi persyaratan wajib di beberapa negara, jadi ada kemungkinan bahwa di masa depan yang penuh dengan mobil pemurni udara dan nol-emisi. Apalagi saat ini beberapa negara tengah beralih mesin kendaraan yang tadinya konvesional menjadi listrik.

"Kami telah memilah sumber polusi utama di masa depan yang jauh, teknologi kami akan berguna untuk produk mobil kami yang menyedot debu jalan terakhir dan partikulat permukaan tanah dari tempat parkir dan jalan kota," pungkas Febrian.

Baca berita terkini lainnya di Google News.