Dijual Mahal Honda HR-V Baru Lebih Laku dari Hyundai Creta

Hyundai Creta
Sumber :
  • Jeffry

VIVA Otomotif – Persaingan mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle di Indonesia cukup ketat. Terutama di kelas kompak dengan konfigurasi lima penumpang yang dipersenjatai mesin bensin 1.500cc.

Untuk ceruk pasar tersebut, Hyundai Creta, dan Honda HR-V adalah dua model yang memiliki spesifikasi saling bersaing, walaupun banderol kedua mobil tersebut terpaut cukup jauh.

All New Honda HR-V.

Photo :
  • Dok: HPM

Di awal kemunculannya, Hyundai Creta dibanderol Rp279 juta untuk tipe Active Manual, sampai Rp399 juta tipe Prime IVT two tone. Beberapa bulan kemudian ada kenaikan, harganya menjadi Rp281,5 juta, sampai Rp401 juta.

Kemudian Hyundai kembali mengkerek harga Creta di bulan lalu sekitar Rp3 juta sampai Rp10 juta, sehingga untuk tipe paling rendah saat ini sudah menyentuh angka Rp288 juta, dan varian tertinggi Rp404 juta.

Meski begitu, banderol SUV buatan Cikarang, Jawa Barat itu masih lebih murah dibandingkan Honda HR-V baru. Melansir situs resminya, harga SUV tersebut mulai dari Rp364,9 juta tipe S CVT, sampai Rp515,9 juta Turbo RS.

Namun masyarakat Indonesia sepertinya tidak mementingkan harga, buktinya meski HR-V dijual lebih mahal namun secara penjualan masih lebih unggul.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan HR-V dari pabrik ke diler di Agustus 2022 mencapai 3.435 unit, di mana tipe SE CVT menjadi penyumbang terbesar, yaitu 2.107 unit.

Angka pendistribusian unit tentu menyesuaikan permintaan pasar. Sementara penjualan wholesales Creta hanya 1.243 unit di bulan lalu, dan Prime IVT Two Tone menjadi penyumbang terbanyak, yaitu 765 unit.

Kedua mobil buatan lokal itu terlihat cukup bersaing dalam menyajikan fitur, dan teknologi. Dari sistem keamanan, HR-V generasi kedua didukung Honda Sensing, sedangkan Creta memiliki Hyundai SmartSense.

Soal jantung pacu, SUV buatan brand berlogo H miring tersebut dipersenjatai mesin 1.500cc bertenaga 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144,1 Nm di 4.500 rpm. Tersedia transmisi manual 6-percepatan, dan matik IVT (Intelligent Variable Transmission).

Sedangkan HR-V terbaru yang mengandalkan mesin 1.500cc DOHC i-VTEC dapat menyemburkan tenaga maksimal 121 PS di 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Artinya di atas kertas lebih bertenaga dibandingkan Creta.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui matik CVT (Continously Variable Transmission), diketahui HR-V terbaru tidak lagi memiliki pilihan transmisi manual seperti generasi sebelumnya.

Khusus varian tertinggi, mobil SUV buatan Honda itu dipersenjatai mesin turbo dengan volume silinder yang serupa. Namun secara tenaga jauh lebih besar, yakni 177 PS di 6.000 rpm, dan torsi puncaknya 240 Nm di 1.700-4.500 rpm.