New Xpander Cross Bukan Sekadar Versi Penyegaran
- VIVA Otomotif
VIVA Otomotif – Salah satu mobil yang menyita perhatian para pengunjung pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 yang belum lama ini digelar, adalah Mitsubishi New Xpander Cross.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia memanfaatkan momen pameran, untuk meluncurkan generasi terbaru dari Low Sport Utility Vehicle tersebut. Meski hanya diberi embel-embel New, namun ubahan yang dilakukan sangat banyak.
Tampilannya kini sama dengan New Xpander, yang bisa dilihat dari lampu utama dengan desain membentuk huruf T. Warna roof rail berubah dari perak jadi hitam agar terlihat seperti SUV tangguh.
Pada bagian samping tampak desain pelek baru, tapi tetap mempertahankan ukuran 17 inci serta pembaruan pada wheel arc folding sehingga tampilan lebih proporsional.
Selain itu, kini mobil berkapasitas tujuh orang itu sudah dibekali dengan teknologi Active Yaw Control yang akan membantu pengemudi agar mobil tetap stabil ketika melewati tikungan dan membuat radius putar menjadi lebih kecil.
“Dengan fitur ini, pengemudi bisa melaju dengan lebih tenang dan percaya diri di jalanan yang basah serta licin,” ujar Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI, Irwan Kuncoro melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 27 Agustus 2022.
Ubahan lain yang dilakukan, kata Irwan meliputi pengaturan ulang suspensi agar lebih nyaman dan stabil ketika melewati jalanan yang rusak. Caranya yakni dengan mengganti peredam kejut dengan ukuran yang lebih besar, sama seperti yang dipasang pada Mitsubishi Pajero Sport.
Head of Training Section MMKSI, Muhammad Arif Dwianto menuturkan bahwa meski jarak terendah ke tanah dari New Xpander Cross mencapai 220 milimeter agar bisa melewati berbagai kondisi jalan, namun kenyamanan yang ditawarkan tetap maksimal.
“Biasanya, mobil yang ground clearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan. Namun, kami memasang bracket suspension di bagian depan dan structural adhesive di bagian belakang sehingga kenyamanan tetap terjaga,” tuturnya.
Terbukti, saat melewati polisi tidur terasa empuk tapi tidak banyak gerakan mengayun. Adanya AYC juga membuat mobil tetap bisa berbelok mengikuti putaran setir, meski melewati kondisi basah.
General Manager of Product Strategy Division MMKSI, Guntur Harling mengungkapkan bahwa kekedapan kabin juga telah ditingkatkan agar bisa meredam suara bising dari luar. Beberapa fitur canggih seperti pengisian ponsel secara nirkabel dan panel instrumen dengan layar 8 inci, juga disematkan demi memberi kesan mewah.
“Kami meningkatkan kekedepan suara di mobil ini dengan memasang cover mesin, serta beberapa pengedap suara di berbagai titik yang ada di area kap mesin,” jelasnya.