Peminat Mobil Ini Naik 2,5 Kali Lipat di Indonesia

Test drive Daihatsu All New Xenia di Jawa Tengah
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA – Industri otomotif Indonesia pada tahun ini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu, meski masih dilanda pandemi. Hal itu bisa dilihat dari mulai naiknya angka penjualan mobil, selama kuartal pertama 2022.

Seperti yang dialami oleh PT Astra Daihatsu Motor, di mana mereka mengalami kenaikan penjualan ritel menjadi 46.946 unit atau naik sebesar 55 persen, dibandingkan periode yang sama kuartal I tahun lalu sebanyak 30.310 unit.

Dari jumlah itu, ada tiga model yang mendominasi yakni mulai dari Daihatsu Sigra sebanyak 11.856 unit atau berkontribusi 25 persen.

Kemudian diikuti Gran Max Pick Up sebanyak 10.453 unit dengan kontribusi 22 persen; serta Xenia yang kini masuk ke dalam daftar tiga terlaris dengan raihan 6.215 unit (kontribusi 13 persen).

Booth Daihatsu di GIIAS 2021

Photo :
  • VIVA Otomotif

Ada yang unik dari data yang disampaikan oleh ADM, di mana All New Xenia menjadi model yang paling tinggi kenaikannya pada kuartal pertama di 2022, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Mobil Low Multi Purpose Vehicle atau LMPV itu penjualannya naik sebesar 175 persen atau lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 6.215 unit, dari sebelumnya 2.260 unit.

Posisi berikutnya ditempati oleh Low Cost Green Car Daihatsu Sigra, yang naik 71 persen menjadi 11.856 unit; diikuti LCGC Daihatsu Ayla sebesar 42 persen menjadi 5.355 unit.

“Capaian ini semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Minggu 10 April 2022.