Kaget Lihat Mobil Novel Baswedan yang Ditawari jadi ASN Polri

Penyidik KPK Novel Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Novel Baswedan yang heboh diberhentikan dari KPK, karena tidak lulus dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk alih status menjadi ASN, sepertinya tidak begitu suka dunia otomotif, hal tersebut terlihat dari koleksi mobil yang terdapat pada LHKPN.

Karena tidak lulus tes TWK, akhirnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan mau mengangkat 56 pegawai KPK yang tidak lolos TWK menjadi anak buahnya, termasuk seorang Novel Baswedan.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa, pihaknya sudah mengirim kepada Pak presiden, untuk memohon untuk merekrut 56 orang tersebut menjadi ASN Polri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sudah memberikan jawaban atas surat penarikan pegawai KPK yang tak lolos TWK ke tubuh Polri. Listyo sebut Jokowi setuju dengan usulnya.

"Kita melihat terkait dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman tipikor tentunya itu sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini kita kembangkan untuk memperkuat organisasi polri," ungkap Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Nah, kembali lagi pada koleksi mobil yang dimiliki oleh Novel Baswedan. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikutip VIVA Otomotif dari data KPK, Rabu 29 September 2021, pada 2018 Novel Baswedan tercatat mengantongi kekayaan sebanyak Rp4,652 miliar.

Dari total harta kekayaannya tersebut, ternyata Novel Baswedan hanya memiliki satu unit mobil yakni Toyota Kijang Innova lansiran 2016. Mobil berrjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) itu seharga Rp235 juta, namun tidak dijelaskan detil tipenya.

Melansir situs resmi Toyota Indonesia, Kijang pertama kali lahir di Indonesia pada 1977 dan terus berkembang dari pikap menjadi mobil penumpang. Hingga akhirnya memasuki 2004 namanya lebih panjang menjadi Kijang Innova.

Pada 2015-2016 Toyota akhirnya merubah total Kijang Innova dari model sebelumnya, dengan platform baru, desain lebih moderen. Total ada 14 varian dengan dua pilihan mesin, yakni bensin bekapasitas 2.000cc, dan diesel 2.400cc.