Canggihnya Transmisi Matik Mobil Pesaing Avanza

Renault Triber
Sumber :
  • Dok: MRI

VIVA – Sudah belasan tahun Toyota Avanza memimpin pasar penjualan mobil jenis low multi purpose vehicle atau MPV. Kendaraan berkapasitas tujuh orang ini diminati banyak orang, karena dianggap multifungsi, praktis dan biaya perawatannya cukup terjangkau.

Untuk bisa menyaingi hal itu, bukan perkara yang mudah. Banyak pabrikan mencobanya, dan hanya sedikit yang berhasil mendekati prestasi mobil sejuta umat tersebut.

Upaya terbaru datang dari pabrikan mobil asal Prancis, yakni Renault dengan produk andalan mereka Renault Triber. Kendaraan yang didatangkan secara utuh dari India ini, menawarkan beberapa fitur yang tidak ada di Avanza.

Salah satunya, jenis transmisi yang digunakan. Sebelumnya, Renault Triber yang dijual di Indonesia hanya tersedia dalam varian manual. Tapi sejak bulan ini, PT Maxindo Renault Indonesia menawarkan versi transmisi otomatis.

Baca juga: Polisi akan Pantau Kendaraan yang Melaju Terlalu Pelan

Berdasarkan keterangan resmi MRI, dikutip VIVA Otomotif Jumat 16 Oktober 2020, jenis transmisi matik Renault Triber lebih canggih dari Avanza, karena tersedia fitur triptonic yang memungkinkan pengemudi memindahkan gigi transmisi melalui sentuhan pada tombol.

Umumnya, teknologi ini disematkan hanya di mobil yang dibanderol Rp300 juta ke atas, termasuk juga sebagian besar supercar.

Tak hanya itu, Renault Triber juga dibekali fitur ultra modular yang memungkinkan konfigurasi tiga tempat duduk diubah menjadi hanya dua, dengan pilihan mencapai 100 kombinasi.

Fitur canggih lainnya dari mobil yang dijual dengan banderol di bawah Rp200 juta ini antara lain keyless entry berbentuk kartu, tombol Start/Stop, Pengaturan ketinggian lampu utama, serta sistem hiburan dengan 6 speaker.