Penjualan Avanza Semakin Ngegas

Booth Avanza di IIMS 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosef Mali

VIVA – Toyota membuktikan, bahwa Avanza masih diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan, dari angka distribusi mereka pada September 2019.

Berdasarkan data dari PT Toyota Astra Motor, dilansir Jumat 11 Oktober 2019, pengiriman mobil yang masuk dalam segmen low multi purpose vehicle itu pada bulan ke-9 tahun ini, dari pabrik ke diler mencapai angka 9.400 unit.

Jumlah itu naik 17,5 persen dari bulan sebelumnya, yang tercatat sebanyak 8.000 unit. Begitu pula dengan pembelian konsumen di diler, dari 6.500 unit pada Agustus, menjadi 6.900 unit di September tahun ini.

Selama sembilan bulan di 2019, Avanza sudah didistribusikan ke diler-diler Toyota sebanyak 64.900 unit, sementara yang dikirim ke rumah konsumen ada 57.400 unit.

Mobil terlaris kedua Toyota di September 2019, yakni Calya. Masuk dalam segmen low cost green car, kendaraan yang dapat menampung tujuh penumpang itu laku sebanyak 6.100 unit secara wholesales atau pabrik ke diler.

Innova menempati urutan tiga, dengan angka 4.600 unit. Kemudian, disusul oleh sport utility vehicle kelas bawah mereka, Rush, yang dikirim sebanyak 3.300 unit.

Jika dilihat secara retailsales atau dari diler ke konsumen, angka Calya dan Innova sama, yakni 4.700 unit. Rush ada di urutan berikutnya, dengan jumlah 4.600 unit.

Secara total, TAM mendistribusikan 31.800 unit mobil pada September, dan angka retailnya 26.600 unit. Jumlah itu naik dari bulan sebelumnya, yang tercatat 28.900 untuk wholesales dan 28.200 untuk retail.