Ada Mobil Baru, Honda Siap Genjot Penjualan

New Honda Mobilio Special Edition
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA –  Penjualan kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di satu negara. Di Indonesia, setiap tahun penjualan mobil sekitar angka 1-1,050 juta unit.

Pada Semester I 2018 atau dari Januari sampai Juni, penjualan kendaraan roda empat dari pabrik ke diler tercatat sebanyak 553.757 unit. Angka itu dicapai oleh 30 merek yang bergabung dalam Gaikindo. 

Salah satu merek yang mencatatkan penjualan terbaik adalah Honda. Berada diurutan keempat, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut harus puas dengan catatan angka penjualan 76.694 unit.

Bila bicara penjualan retail atau diler ke konsumen,  Honda mengaku mengalami penurunan penjualan sebesar 2,2 persen.  

"Total market ada kenaikan 9 persen kira-kira dibandingkan tahun lalu. Honda itu turun secara retail sekitar 2,2 persen," kata Direktur Pemasaran dan Purnajual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di M.T Haryono, Jakarta Selatan, Selasa 31 Juli 2018.

Ia menjelaskan, hal itu terjadi karena perusahaannya bakal menjual berbagai produknya yang bakal dihadirkan di GIIAS, 2-12 Agustus 2018. Bila semester satu tahun lalu, pabrikan mampu menjual 86.487 unit mobil. Periode yang sama 2018, penjualannya hanya menyentuh angka 84.450 unit. 

"Sampai Mei kemarin kami masih naik 5 persen. Tapi bulan Juni setengah bulan kerja jadi kami tahan model-model yang akan kami luncurkan di GIIAS jadi sekarang turun enggak apa-apa. Nanti kami kejar lagi," ujar dia.