Ada Jawara Baru di Kelas City Car
- VIVA/Pius Mali
VIVA – Selain mobil keluarga, mobil perkotaan juga mulai diminati konsumen di Indonesia. Dimensi yang lebih mungil, tampilan gaya dan kapasitas mesin tak terlampau besar menjadi nilai lebih city car untuk teman aktivitas harian.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, distribusi dari pabrik ke diler city car sepanjang kuartal pertama (Januari sampai Maret) di 2018 mencatatkan angka 11.662 unit. Sementara untuk bulan Maret 2018 saja, distribusi mobil perkotaan tersebut mencapai 5.400 unit.
Angka tersebut melonjak dibandingkan penjualan dari pabrik ke diler pada Februari 2018, yang hanya mencapai 2.461 unit. Begitu juga saat membandingkannya dengan penjualan pada Maret 2017, yang mencapai 1.854 unit.
Adanya model-model baru nampaknya mampu mendongkrak penjualan city car pada Maret lalu. Dan kali ini, kembali ada yang unik dari data tersebut.
Jika tahun lalu Suzuki Ignis berhasil menempati peringkat pertama penjualan city car, pada bulan lalu mobil tersebut harus mengalah pada Datsun Cross. Sebab, mobil anyar Datsun itu mencatat angka penjualan 2.223 unit, lebih tinggi dari Ignis yang hanya 1.516 unit.
Peringkat berikutnya ditempati oleh Honda Brio, yang membukukan penjualan 1.265 unit. Sementara, produk city car lainnya seperti Nissan March sebanyak 191 unit, Daihatsu Sirion dijual 170 unit, Mitsubishi Mirage 10 unit, dan Hyundai i10 sebanyak enam unit. (ren)