‘Bulan Madu’ Ignis sudah Berakhir
- VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales mendatangkan Suzuki Ignis ke Indonesia, dan langsung berhasil memikat hati pencinta city car. Penjualannya yang mencapai 14.157 unit sepanjang 2017 sukses mengalahkan Honda Brio yang awalnya menjadi pemimpin pasar.
Tapi, memasuki awal 2018, Ignis harus mengakui kekalahannya dengan mobil perkotaan racikan PT Honda Prospect Motor (HPM) itu.
Data Gaikindo, penjualan Brio dari Januari sampai Februari mencapai 2.613 unit. Sementara Ignis 2.513 unit dan posisi ketiga Nissan March dengan catatan 596 unit.
Jika melihat angka per bulan, penjualan Ignis memang turun drastis, dari Januari yang mencapai 1.922 unit menjadi 591 unit di Februari.
Sementara, Brio menunjukkan kenaikan dari 1.427 unit pada Januari menjadi 1.186 unit di Februari, dengan raihan pangsa pasar 42 persen.
Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM, Jonfis Fandy yakin, meaki persaingannya ketat, Brio tetap disukai masyarakat.
“Walaupun persaingan di segmen City Car semakin ketat, kami yakin Brio RS tetap eksis di tengah masyarakat,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima VIVA, Rabu 14 Maret 2018. (mus)