Pembalap Dypo Fitra Kibarkan Merah Putih di Final TCR Asia Cup 2024

Hyundai Elantra N TCR Dypo Fitra
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Beberapa pembalap asal Indonesia menorehkan prestasi terbaiknya di ajang TCR Asia Cup 2024, salah satunya Dypo Fitramadhan yang mencetak dua kali kemenangan di seri 5 yang jadi penutup tahun ini.

Pembalap Delta Garage Racing tersebut berhasil kibarkan bendera merah putih di Sirkuit Guia, Makau, yang jadi seri terakhir TCR Asia Cup selama dua kali berturut-turut pada 16-17 November 2024.

Dypo Fitra di TCR Asia 2024

Photo :
  • Istimewa


"Alhamdulillah, akhirnya menutup musim balap TCR Asia Series 2024 dengan mencetak double winner di Guia Circuit Macau," ujar Haji Dypo sapaan akrabnya, dikutip dari keterangan resminya, Minggu 17 November 2024.

Selain borong piala juara satu selama dua race di seri ke-5 tersebut, Dypo Fitra juga memboyong trofi juara satu di kelas gabungan, atau Pro dan Cup, padahal sebelumnya hanya merebut podium tiga, artinya peningkatan yang cukup diacungi jempol.

Mengingat selama 4 seri Dypo selalu naik podium, baik itu juara dua, satu, ataupun tiga. Sayangnya, pada seri 2 yang berlangsung di Sepang International Circuit Malaysia dia harus absen karena menunaikan ibadah haji.

Sehingga meski mencetak double winner, dan memborong 5 piala kemenangan, Dypo Fitra tidak bisa mengejar posisi Benny Santoso yang mengikuti 5 seri, dan berada di puncak klasemen dengan selisih 30 poin.

Seperti diketahui, absen dalam satu seri yang memperlombakam dua race di dalamnya itu membuat Dypo kehilangan 90 poin yang terbagi dari 40 poin di race satu, 40 poin race kedua, dan 10 poin di QTT.

Mobil balap yang dikendarai Dypo Fitra di ajang tersebut adalah Hyundai Elantra N TCR yang dibekali mesin bensin 4 silinder segaris turbo berkapasitas 1.998cc yang dilengkapi dua camshaft, dan 16 valve. Tenaga maksimalnya mencapai 350 dk di 7.000 rpm, dan torsi puncak 450 Nm di 3.500 rpm.

Tenaga buasanya itu disalurkan melalui ke roda depan melalui transmisi 6-percepatan sequential clutch yang didukung paddle shift.

Untuk mendukung handlingnya, pada sektor kaki-kaki dipersenjatai suspensi depan McPherson  strut, coil spring dilengkapi gas-filled dampers, anti-roll bar, dam belakang 4-arm multi-link axle, coil springs, gas-filled dampers, anti-roll bar.

Secara dimensi mobil khusus balap tersebut panjangnya 4.710 mili meter, lebar 1.950 mm, dengan jarak poros roda depan ke belakang 2.750 mm, dengan bobot minimal 1.265 kilogram termasuk pengemudi.