Marc Marquez Sudah Jatuh dan Kena Hukuman Penalti, Bikin Nangis Bocah Thailand Juga

Pembalap Gresini Racing, Marc marquez
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA –  Marc Marquez menjalankan balapan yang penuh drama pada MotoGP Thailand 2024. Pembalap Gresini Racing itu gagal meraih podium karena crash, hingga mendapatkan hukuman penalti.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Buriram, Minggu 27 Oktober 2024, Marquez memulai balapan dengan cukup baik. Dia sanggup berada di posisi kedua, atau di belakang Francesco Bagnaia.

Saat balapan menyisakan 13 lap lagi, Marc Marquez malah mengalami crash di tikungan delapan. Beruntung dia bisa melanjutkan balapan lagi, dan berusaha menembus posisi aman mendapatkan poin.

Pada putaran ke-23, Marquez melewati Joan Mir di tikungan ketiga, tetapi keduanya sempat bersenggolan hingga Mir melebar. Atas kejadian itu Marquez kena penalti dan dikurangi satu posisi setelah balapan, turun dari posisi ke-11 ke posisi ke-12.

Marc Marquez di MotoGP Jepang 2024

Photo :
  • Instagram Marc Marquez

Namun akhirnya dia tetap kembali ke posisi ke-11 ketika diketahui bahwa ia telah menjalani hukuman turun satu posisi selama balapan. Marquez mengatakan bahwa, setelah kontak tersebut, ia memperkirakan penalti akan menimpanya, tetapi juga merasa itu hanya masalah perspektif.

"Saya membayangkan bahwa saya akan mendapat penalti. Saya tidak melihat gambarnya, tetapi jika gambarnya datang dari arah lurus, itu satu sudut pandang, tetapi jika gambarnya ada di bagian paling akhir, itu sudut pandang yang lain," ujar Marquez dilansir Crash. 

“Tapi, kalau datangnya dari lintasan lurus — bahkan sebelum titik rem, saya sejajar dengan Joan. Lalu saya bilang 'Oke, kontak'. Maksud saya, kami sudah melakukan kontak, saya tahu saya akan menerima penalti," lanjutnya.

Kini Marquez tetap bertahan di posisi tiga pada klasemen sementara MotoGP dengan 356 poin. Walau begitu, kegagalannya meraih podium karena crash telah membuat seorang bocah menangis.

Saat crash terjadi, kamera perlombaan kemudian menyorot momen seorang bocah sampai menangis melihat Marquez. Beruntung, Marquez bisa bangkit dan tak menyerah begitu saja.