Gokart Avenue Jadi Tempat Lahirnya Pembalap Mobil Profesional

SodiKart RT8 di Go-Kart Avenue
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Gokart merupakan kendaraan beroda empat atap terbuka dengan dimensi kompak, bukan hanya sebagai sarana bermain, namun gokart juga digunakan untuk ajang balap.

Bahkan sebagian pembalap mobil profesional sejak usia dini karirnya berawal balap kendaraan kompak tersebut. Umumnya gokart menggunakan mesin bensin dengan kapasitas kecil layiknya motor.

Salah satu fasilitas gokart yang menyediakan kendaraan sesuai standar internasional untuk berlatih sebelum menjadi pembalap profesional, yaitu Go-Kart Avenue di Jalan Ciputat Raya,  Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Go-Kart Avenue di Jakarta Selatan

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo


Direktur Utama Go-kart Avenue, Romy Tahrizi, mengatakan, visi misi hadirnya tempat ini untuk menjadi jembatan masyarakat, baik anak muda, atau orang dewasa untuk menjadi pembalap profesional.

"Kenapa membangun gokart avenue, khususnya di dunia otomotif rental gokart masih sangat jarang. Sehingga customer harus ke balap sirkuit, menurut kami terlalu jauh, biaya tinggi, kecepatannya juga terlalu beresiko," ujar Romy di Jakarta, Rabu 9 Oktober 2024.

Terdapat 2 jenis gokart, terbagi 5 unit untuk kelas junior dengan usia minimal 8-12 tahun dengan postur tinggi badan minimal 130 cm, dan 8 unit untuk kelas dewasa. Semua gokart pakai SodiKart RT8 yang di impor utuh dari Perancis.

"Kami pakai SodiKart karena perusahaan itu berdiri lama sudah 40 tahun doli dunia gokart, jadi durability, performa sudah teruji, sehingga customer bisa nyaman, dan fun. Kenapa tidak pakai listrik, karena ingin menonjolkan aura racingnya," tuturnya.

RT8 merupakan model yang dikembangkan dari RX8 dengan desain eksterior yang baru, dibuat lebih aerodinamis dan aman. Di ruang kabin, pedal, setir, dan jok bisa disesuaikan dengan postur pengendara, dilengkapi seatbelt 4 titik.

Kemudian pada sektor kaki-kaki sistem peredam kejut HEAD pada spoiler depan, sistem Pro-Slide absorber, atau perlindungan tunggal yang dipatenkan secara signifikan mengurangi kerusakan akibat kontak, atau saat tabrakan.

Terkait sertifikasi, SodiKart RT8 memiliki semua dokumen dari CIK–FIA & FFSA untuk gokart sewaan, menyediakan semua tindakan pencegahan yang diperlukan seperti yang ditunjukkan oleh badan resmi, Federasi Gokart Internasional, CIK–FIA.

Pada sektor jantung pacunya mengandalkan mesin bensin berkapasitas 270cc untuk kelas dewasa, dan junior 160cc. Di mana kecepatannya bisa diatur menyesuaikan kemampuan penggunanya saat di lintasan.

"Kecepatan kita tetapkan untuk pembalap baru, jika sudah melewati ketentuan, baru bisa naik level. Kita juga menghadirkan akademi, jadi bisa membantu pembalap muda, atau dewasa untuk naik ke jenjang lebih tinggi. Gokart ini tujuannya biar tahu teknik akselerasi, braking, racing line, seperti apa," sambungnya.

Go-Kart Avenue mulai dibuka untuk umum, Sabtu 12 Oktober 2024, mulai pukul 09.00 WIB. Untuk biaya sewa Rp150 ribu untuk senior menggunakan SodiKart durasi 8-10 menit, sedangkan junior biayanya Rp120 ribu.

Sementara terkait pentingnya mengikuti gokart sebelum terjun ke balap profesional, menurut Direktur Go-kart Avenue, Ziko Hardani sekaligus drifter, menyebut, karena di dalam gokart bisa belajar berbagai hal yang diperlukan pembalap saat terjun di sirkuit.

"Kalau kita terbiasa dengan steering gokart, muscle memori kita sudah terbentuk, begitujuga dengan kontrol gas, dan rem. Selain bisa melatih kita jadi pembalap, drifter, atau pereli," kata Ziko.