Terpopuler: Harga BBM Pertamina Turun, Pembatasan Pertalite Batal

ilustrasi harga BBM dan SPBU Pertamina (dok: Pertamina)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Ada beberapa berita yang tayang di VIVA Otomotif pada Selasa kemarin, dan banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler. Mulai dari harga BBM Pertamina turun, sampai dengan pembatasan Pertalite batal.

1. Harga BBM Pertamina Resmi Turun per 1 Oktober 2024, Pertamax Jadi Rp12.100

SPBU Pertamina, ilustrasi harga BBM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

PT Pertamina secara resmi melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi per 1 Oktober 2024. Salah satunya adalah bbm Pertamax yang kini dibanderol dengan harga Rp12.100 per liter. 

Turunnya harga BBM per hari ini, berdasarkan pengumuman resmi Pertamina melalui Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020.

2. Pembatasan Beli BBM Subsidi Pertalite per 1 Oktober 2024 Dipastikan Batal

Pertamina Patra Niaga perluas pendataan QR Code Pertalite

Photo :
  • Istimewa

Rencana pemerintah membuat kebijakan pembatasan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti jenis Pertalite, yang dijadwalkan berlaku pada 1 Oktober 2024, akhirnya dibatalkan. Pemerintah masih mengkaji agar subsidi BBM tepat sasaran.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memastikan kebijakan pembatasan konsumen BBM Pertalite belum berlaku pada Oktober 2024 ini. . Di mana, berupa peraturan menteri (Permen) ESDM.

3. Kompak Turun, Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP dan Vivo per 1 Oktober 2024

SPBU Shell Modular

Photo :
  • Dok: Shell Indonesia

Berbagai SPBU di Indonesia kompak menurunkan harga untuk beberapa jenis BBM per 1 Oktober 2024. PT Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM Subsidi, seperti Pertamax di seluruh Indonesia.

Mengutip dari situs MyPertamina.id, harga BBM Pertamax di SPBU wilayah Jakarta mulai 1 Oktober 2024 turun menjadi Rp12.100 per liter, atau turun Rp850 dari sebelumnya yang dijual dengan harga Rp12.950 per liter.