Truk Listrik Mitsubishi eCanter Menjadi Kendaraan Komersial Inovatif

Mitsubishi Fuso eCanter meluncur di GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Untuk mencapai dekarbonisasi pemerintah mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik. Saat ini sudah banyak kendaraan listrik yang beredar di pasar Indonesia, terutama mobil dan motor.

Sementara dari sektor komersial model yang ditawarkan masih terbatas, baik itu bus, ataupun truk listrik. Bahkan sampai saat ini, Mitsubishi Fuso eCanter menjadi satu-satunya truk listrik di kelas niaga ringan.

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter di GIIAS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Mitsubishi eCanter menjadi truk pertama di RI yang resmi dipasarkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang resmi dirilis di Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Mitsubishi eCanter generasi terbaru dibekali baterai berukuran sedang dengan kapasitas 83 kWh yang diklaim dalam kondisi penuh bisa menempuh perjalanan 140 kilometer, dan daya angkutnya mencapai 6 ton.

Soal dimensi, truk ringan tersebut punya jarak poros roda depan ke belakang 3,4 meter, dan torsi yang besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal. Desain sasis yang rata memudahkan dalam proses pembuatan karoseri.

Distributor truk, dan bus Fuso di Indonesia itu pertama kali memperkenalkan Mitsubishi eCanter pada 2020. Memasuki 2022 truk ringan itu beberapa kali hadi dipameran, dan pernah uji coba di jalan yang melibatkan 10 perusahaan. 

Truk ringan bertenaga listik tersebut pernah digunakan untuk mendistribusikan logistik, atau bahan baku, dan mendukung pengiriman, berawal dengan rute di daerah Denpasar, Bali.

Setelah generasi pertamanya sukses diuji coba, pada tahun lalu distributor truk berkepala kuning itu kembali memboyong eCanter generasi terbarunya pada Agustus 2023, dan akhirnya dijual secara resmi di tahun ini.

Perjalanan panjang eCanter yang pertama kali hadir di global pada 2017 lalu itu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat, terutama perusahaan logistik. Bahkan kehadirannya di RI disambut positif, mengingat selama ini truk yang beredar di RI bermesin diesel.

Bahkan truk pelahap seterum itu mendapatkan penghargaan Product Innovation in Commercial Vehicle of The Year 2024 dari Marketeers Editor Choice Award (MECA) yang merupakan bentuk apresiasi kepada brand yang melakukan terobosan kreatif, inovatif, dan berdampak dalam pemsasaran selama periode satu tahun terakhir.

Dinilai sebagai produk yang sangat inovatif dalam menghadirkan solusi kendaraan komersial ramah lingkungan. Inovasi ini juga dibekali dengan beragam persiapan matang untuk memastikan eCanter sebagai produk yang cocok di pasar.

“Ini membuktikan bahwa pemahaman produk, strategi pemasaran, serta komunikasi yang kami bangun, tersampaikan dengan baik kepada masyarakat sehingga banyak kalangan yang tahu tentang eCanter,” ujar General Manager Business Communication PT KTB, Sudaryanto, dikutip dari keterangannya, Kamis 19 September 2024.