Kemampuan Mekanik Indonesia Jadi Sorotan Dunia
- Dok: UD AMI
VIVA Otomotif – Layanan purnajual dan keahlian para mekanik menjadi salah satu kunci, untuk bisa sukses berbisnis di dunia otomotif. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi saja, tapi juga komersial termasuk truk.
Tanpa adanya layanan tersebut, maka konsumen tidak bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan oleh kendaraan mereka. seperti servis berkala dan suku cadang.
Oleh sebab itu, sangat penting bagi perusahaan otomotif untuk memiliki tim layanan purnajual yang solid dan bisa memberikan kepuasan pada pelanggan supaya mereka tetap memilih merek tersebut.
Seperti tim purnajual dari UD Trucks Indonesia, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai juara di kompetisi UD Gemba Challenge yang diadakan di Jepang.
Ini adalah sebuah ajang kompetisi purnajual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia, dan diadakan setiap dua tahun sekali. Tahun ini, tim dari Indonesia menempati urutan pertama dan kedua.
Gemba Challenge adalah kompetisi yang tidak hanya menguji kemampuan mekanik secara individu, termasuk staf bagian suku cadang dan pelayanan pelanggan, namun juga bertujuan mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama.
Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline dianggap menjadi kunci untuk meningkatkan waktu kerja, yang juga mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan yang kemudian akan menciptakan sistem logistik lebih cerdas.
“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi COVID, sehingga tidak terbayangkan antusias para peserta dalam menyambut kehadiran kompetisi purnajual yang terbesar dari seluruh dunia,” ujar Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia, Ali Rachman melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 29 November 2022.
Pada kompetisi final Gemba Challenge 2022, Indonesia menurunkan dua tim yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang menempati urutan kedua.
“Kontes ini merupakan bukti nyata, bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan,” tutur Vice Presiden Director UD AMI, Rachmat Samulo.