Hino Pamer Truk Masa Depan di GIIAS 2019

Truk Hino Dutro Hybrid dipamerkan di GIIAS 2019
Sumber :
  • Hino

VIVA – Teknologi mesin hibrida umumnya disematkan pada kendaraan pribadi, mulai dari jenis sedan hingga mobil keluarga. Beberapa produsen sepeda motor, juga mulai menerapkan langkah serupa.

Namun ternyata, paduan dari mesin bensin dan dinamo listrik tersebut juga dikembangkan untuk kendaraan komersial. Salah satu perusahaan yang aktif melakukannya, yakni Hino.

Bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, perusahaan asal Jepang itu memamerkan truk berteknologi hibrida terbaru mereka, yakni Dutro Hybrid.

“Hino terus meningkatkan efisiensi kendaraan, untuk terus menjadi lebih baik, termasuk salah satunya yang ditampilkan di GIIAS kali ini, Hino Dutro Hybrid,” ujar Presiden Direktur Hino Motor Sales Indonesia, Hiroo Kayanoki di ICE BSD, Tangerang, Kamis 18 Juli 2019.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Hino sudah mengembangkan teknologi hibrida untuk kendaraan komersial, sejak 1976. Kala itu, bentuknya baru berupa riset. Baru pada 1991, bus buatan mereka dilahirkan.

Dua tahun kemudian, mereka merombak truk Ranger agar bisa memakai mesin canggih tersebut. 10 tahun kemudian, hal yang sama dilakukan pada seri Dutro.

Berkat kombinasi mesin 4.000cc dan motor listrik, konsumsi bahan bakar Dutro Hybrid bisa mencapai 13,6 kilometer per liter. Pemakaian bahan bakar diesel dibuat irit, dengan cara mengaktifkan motor listrik saat kondisi langsam atau sedang melambat lajunya.