Ini Kapal Perang TNI AL yang Disiapkan untuk Latihan Tempur Bersama Russian Navy di Indonesia

VIVA Militer: KRI I Gusti Ngurah Rai-332
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta, VIVA – TNI Angkatan Laut dari satuan Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya akan menggelar latihan tempur bersama Angkatan Laut Rusia atau Russian Navy pada awal November 2024 mendatang. 

Latihan tempur yang akan dilaksanakan di wilayah perairan Indonesia itu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 - 8 November 2024.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI I Made Wira Hadi Arsanta mengatakan, satuan Koarmada II akan mengerahkan sejumlah alutsista andalannya dalam latihan bilateral dua negara sahabat bertajuk Orruda 2024 tersebut.

"Adapun Alutsista yang akan dikerahkan TNI AL dalam Latma Orruda 2024 antara lain KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Frans Kaisiepo-368, dan helikopter AS 565 MBE," kata Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hadi Arsanta dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Rabu, 23 Oktober 2024.

Sementara itu, lanjut Kadispenal, Angkatan Laut Rusia atau Russian Navy akan menurunkan alutsistanya yang terdiri dari 3 kapal perang Corvet Class seperti RF Soversheny, RF Gromky dan RF Aldar Tsydenzhapov, serta Medium Tanker Ship, Helikopter KA-27 dan Tug Salvage Alatau.

"Latihan bersama ini sendiri merupakan latihan Operasi Militer Perang (OMP) yang terbagi atas 2 phase yaitu Harbor Phase dan Sea Phase," ujarnya.

VIVA Militer: Kapal Perang TNI AL siap gelar jalani Latma bersama Russian Navy

Photo :
  • Dispenal

Lebih jauh dia menjelaskan, Latihan Bersama (Latma) Orruda 2024 ini merupakan agenda bilateral antara TNI AL dan Russian Navy dimana latihan ini merupakan latihan bersama perdana atau pertama kalinya dilaksanakan antara TNI AL dengan Russian Navy. 

Latma Orruda 2024 merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan Navy to Navy Talks (NTNT) pertama pada 2018 antara TNI AL dengan Russian Navy. Nama Orruda adalah kombinasi dari simbol nasional kedua negara, yaitu Orel (Elang Rusia) dan Garuda (Indonesia).

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan kepada seluruh jajaran TNI AL agar senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta mempersiapkan dengan matang latihan bersama yang akan digelar bersama negara-negara sahabat agar berjalan sesuai rencana.