Mayor Teddy Ditunjuk Presiden Prabowo Jadi Seskab, TNI AD Angkat Bicara

Presiden RI Prabowo Subianto dan Seskab Mayor Teddy Indra Wijaya (kanan).
Sumber :
  • YouTube Setpres

Jakarta, VIVA – Presiden RI Prabowo Subianto telah menunjuk ajudannya, Mayor Inf Teddy Indra Wijaya untuk menempati posisi Sekertaris Kabinet (Seskab) bersamaan dengan 48 Menteri dan Kepala Lembaga Negara yang akan membantu pemerintahannya lima tahun mendatang.

Penunjukkan Mayor Inf Teddy tentu saja menarik perhatian banyak orang. Sebab, posisi Seskab sebelumnya adalah pembantu Presiden Republik Indonesia setingkat dengan Menteri. Sementara, Perwira Menengah (Pamen) TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2011 itu tercatat masih aktif sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wahyu Yudhayana pun angkat bicara. Kadispenad menjelaskan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia (Setmilpres) terkait dengan posisi jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab) di era Kabinet Merah Putih saat ini.

Menurutnya, Seskab bukanlah jabatan setingkat dengan Menteri. Sehingga Mayor Inf Teddy Indra Wijaya tidak memiliki kewajiban untuk melepas jabatannya sebagai prajurit aktif TNI AD. Dengan demikian, Perwira TNI aktif diperbolehkan untuk menduduki jabatan Seskab sebagaimana yang saat ini diamanahkan kepada Mayor Inf Teddy Indra Wijaya.

"Saya konfirmasi ke Setmilpres, Seskab itu tidak setingkat menteri, strukturnya di bawah Kemensetneg. Jabatan Seskab itu bisa dijabat TNI aktif termasuk eselon II, maksimal pangkat tertinggi Brigjen TNI, sehingga Pamen bisa menjabat di situ. Sebagai perwira TNI aktif penugasan di luar struktur," kata Kadispenad Brigjen TNI Wahyu Yudhayana saat dikonfirmasi awak media, Senin, 21 Oktober 2024.

Kendati demikian, lanjut Kadispenad, sebagai prajurit aktif TNI AD yang ditugaskan untuk membantu Presiden RI Prabowo Subianto, Mayor Teddy harus melepaskan jabatan struktural lainnya di lingkungan TNI AD yang saat ini dia emban, yaitu sebagai Wakil Komandan Yonif (Wadan Yonif) Para Raider 328/Dirgahayu Kostrad.

"Kalau sudah penugasan di situ (Seskab), berarti sudah penugasan di luar strutkur, tentu nanti akan ada sertijab jabatan organiknya," ujar Kadispenad Brigjen TNI Wahyu Yudhayana.