Wapres RI Ma'ruf Amin Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana TNI AL dari KSAL

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali sematkan Brevet Hiu Kencana ke Wapres RI
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta, VIVA – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma'ruf Amin hari ini mendapatkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana TNI Angkatan Laut. Penyematan Brevet Kehormatan Korps Kapal Selam TNI AL itu disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta Pusat.

Usai menyematkan Brevet Hiu Kencana, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, penyematan yang diberikan kepada Wakil Presiden RI Prof. KH. Ma'ruf Amin ini dilatarbelakangi banyaknya bantuan yang tak terhingga kepada TNI, khususnya TNI AL, terlebih Satuan Kapal Selam dalam meningkatkan dan membangun kekuatan dari Armada Kapal Selam.

Menurut Kasal, penyematan Brevet ini ditujukan kepada seluruh pejabat negara yang pernah berjasa membangun kekuatan TNI AL, khususnya membangun keluarga besar Hiu Kencana. 

Lebih lanjut, Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa Presiden dan Wapres telah banyak meninjau dan memerhatikan perkembangan kekuatan Kapal Selam yang dimiliki TNI AL. 

"Apa yang diterima oleh Wapres sama dengan Presiden yang telah mendapatkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana, ini dikarenakan bapak Wapres sangat concern terhadap pembangunan kapal selam dalam segala aspek yang meliputi personel maupun Alutsista. Dan inilah yang menjadikan kita menghargai jasa beliau yang telah membangun TNI AL dan juga keluarga Hiu Kencana yang meliputi para awak serta keluarga prajurit," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Oktober 2024.

Untuk diketahui, Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam, yang hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang telah berjasa, serta memberikan perhatian dan perjuangan bagi TNI AL, dalam hal ini Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo juga telah mendapatkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di atas Kapal Perang KRI Rajiman Widyohusodo-992 pada 28 September 2024 lalu. Penyematan Brevet Hiu Kencana kepada Jokowi dilaksanakan di wilayah perairan Teluk Jakarta jelang Puncak Peringatan HUT ke-79 TNI beberapa hari lalu.

Untuk diketahui pula sebelumnya, lebih dari 200 pejabat negara telah menyandang brevet yang sama, diantaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Mantan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.