Momen Haru Prajurit Garuda UNIFIL di Lebanon Selatan, Rayakan HUT Ke-79 TNI di dalam Bunker

VIVA Militer: Satgas Yonmek TNI Konga XIII-UNIFIL di Shalter Lebanon Selatan
Sumber :
  • Satgas TNI Konga

Lebanon, VIVA –  Prajurit TNI dari satuan Satgas Batalyon Mekanik (Yonmek) TNI Konga XXIII-R UNIFIL 2024 yang saat ini tengah menjalankan tugas menjaga perdamaian di Lebanon Selatan turut merayakan HUT Ke-79 TNI di dalam Shalter atau Bunker yang merupakan tempat perlindungan di Lebanon Selatan.

Meski berada di tengah situasi konflik yang terjadi di Lebanon Selatan, tak menyurutkan semangat para Prajurit Garuda itu dalam merayakan hari bersejarah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar terpusat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 5 Oktober 2024 lalu.

Di tengah keterbatasan situasi tersebut, para prajurit Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL tetap bersemangat dan bangga bisa menyaksikan kemeriahan perayaan Puncak HUT TNI ke-79 di Monas melalui Live Streaming.

"Saya bangga dan terharu menyaksikan betapa TNI saat ini semakin maju, modern dan dicintai rakyat," kata salah seorang prajurit TNI yang saat ini tengah berada di Lebanon Selatan dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 7 Oktober 2024.

VIVA Militer: Satgas Yonmek TNI Konga UNIFIL rayakan HUT Ke-79 TNI di Shelter

Photo :
  • Satgas TNI Konga

Sementara itu, Komandan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar dari medan operasi di Lebanon Selatan mengungkapkan rasa bangganya sebagai prajurit TNI yang sampai saat ini bertugas menjaga perdamaian dunia bersama PBB di Lebanon. 

"Kita sebagai Peacekeeper harus bisa menunjukkan bahwa Tentara Nasional Indonesia mampu melaksanakan tugas sebagai Peacekeeper dengan baik. Ini tentunya sejalan dengan Visi TNI Prima (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif). Salam hormat dari Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan. Dirgahayu ke-79 Tentara Nasional Indonesia," ujar Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar.

Sebagaimana diketahui, situasi konflik di Lebanon Selatan saat ini tengah memanas. Beberapa waktu lalu, militer Israel mengencarkan serangan ke wilayah Lebanon Selatan dengan dalih mensasar milisi Hizbullah yang berada di Lebanon. Serangan Israel terhadap kelompok Hizbullah di Lebanon beberapa waktu lalu juga membuat militer Iran naik pitam hingga menyebabkan militer Iran melancarkan serangan balasan dengan meluncurkan ratusan rudal ke Israel pada beberapa hari lalu.