TNI AL Akan Gelar Latihan Besar-besaran Armada Jaya Libatkan 6000 Personel

VIVA Militer: Konvoi kapal perang TNI Angkatan Laut.
Sumber :
  • Penerangan Kolinlamil

VIVA – TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan menggelar latihan besar-besaran Armada Jaya XLI Tahun 2023. 

Hari ini, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali membuka Gladi Posko latihan puncak Matra Angkatan Laut Armada Jaya XLI yang digelar di Auditorium Gedung Sudomo Kodiklatal, Surabaya.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, latihan Armada Jaya dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan - staf komando gabungan TNI dan komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI, meningkatkan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, sekaligus menguji doktrin operasi gabungan TNI.

“Latihan ini merupakan bagian penting dari upaya integral dalam pembinaan kekuatan dan pengembangan kemampuan seluruh komponen kekuatan TNI AL. Bertujuan untuk menguji keterpaduan komponen SSAT dalam pelaksanaan operasi militer untuk perang, yang menjadi salah satu core business TNI AL, sebagai alat pertahanan negara di laut," kata Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali saat membuka Gladi Posko Armada Jaya, Senin, 12 Juni 2023.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad buka latihan Armada Jaya 2023

Photo :
  • Dispenal

Untuk diketahui, dalam pelaksanaannya latihan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu Gladi Posko dan Manuver Lapangan (Manlap). 

Tahap Gladi Posko dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 20 Juni 2023 yang terpusat di Kodiklatal, Surabaya. Sedangkan tahap manuver lapangan akan dilaksanakan mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2023.

Rencananya, latihan besar-besaran Manuver Lapangan (Manlap) akan berlangsung di tiga spot atau wilayah berbeda, yaitu, wilayah Barat meliputi Pangkalan Jakarta, Laut Jawa, Selat Gelasa Laut Natuna Selatan, serta daerah latihan Dabo Singkep. 

Wilayah Tengah meliputi Pangkalan Surabaya, APBS Laut Jawa, Laut Bali, dan Daerah Latihan Asembagus. Serta di wilayah Timur berlokasi di Pangkalan Sorong, Laut Teluk Halmahera, Perairan Morotai, dan Pulau Morotai.

Pada tahap Gladi Posko Armada Jaya tahun ini melibatkan 1.916 personel yang terdiri dari berbagai satuan diantaranya Koarmada RI, Koarmada I, Koarmada II, Pushidrosal, Lantamal IV/Batam, Kolinlamil, Guspurla Koarmada I, Pasmar 2, Puskopaska, Lantamal XIV/Sorong, Disinfolahtal, dan Dispamsanal. Sementara untuk latihan Manuver Lapangan nanti akan melibatkan lebih dari 6.000 personel TNI AL dan Korps Marinir.