Cium Panji Satuan, Mantan Danpaspampres Resmi Jadi Pangdam Mulawarman

VIVA Militer: Mayjen TNI Tri Budi Utomo tiba di Kodam VI/Mulawarman
Sumber :
  • Pendam VI/Mlw

VIVA – Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo yang baru saja dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Panglima Kodam VI/Mulawarman akhirnya tiba di Balikpapan.

Kedatangan Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat bersama sang istri, Rahma Tri Budi Utomo di Bandara Balikpapan disambut dengan tarian selamat datang adat dayak dan tradisi Tepung Tawar yang memiliki makna penolak balak/beragam rintangan dengan harapan sebagai warga baru Kodam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dapat mengemban tugas sebagai Pangdam VI/Mulawarman tanpa rintangan dan gangguan, serta selalu dalam lindungan Tuhan YME.  

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif mengatakan, Mayjen TNI Tri Budi Utomo bersama istri tercinta, Rahma Tri Budi Utomo tiba menginjakkan kakinya di Pulau Kalimantan pada hari Selasa, 19 Juli 2022 kemarin. 

Orang nomor satu di jajaran Kodam VI/Mulawarman itu langsung disambut oleh para pejabat utama Kodam VI/Mlw, Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Danlanal Balikpapan, Danlanud Balikpapan.

Kemudian, Pangdam Mayjen TNI Tri Budi Utomo langsung menuju ke Markas Kodam VI/Mulawarman dan langsung disambut dengan upacara jajar kehormatan dari prajurit Kodam VI/Mulawarman yang diikuti ratusan prajurit lainnya yang sudah menunggu sejak pagi di Makodam Mulawarman. 

VIVA Militer: Upacara penyambutan Mayjen TNI Tri Budi Utomo di Makodam VI/MLW

Photo :
  • Pendam VI/Mlw

Kapendam menjelaskan, kedatangan orang nomor satu di Kodam VI/Mlw diterima oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan dengan ucapan selamat datang. Ditempat tersebut Pangdam menerima kalungan bunga, serta Ketua Persit KCK PD VI/Mlw menerima Hand Bouquet dari Ibu Wakil Ketua Persit KCK PD VI/Mlw.

"Penyambutan dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan (Protkes) COVID-19. Selanjutnya Pangdam dan ibu melewati baris jajar prajurit dengan tradisi pedang pora dari para perwira TNI. Suara gemuruh nyanyian dan tepuk tangan serempak prajurit dengan musik penuh semangat mengantarkan Pangdam dan istri ke serambi Makodam VI/Mlw," kata Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Rabu, 20 Juli 2022.

Kemudian, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo langsung melakukan upacara penghormatan terhadap satuan dengan mencium panji kebesaran Kodam VI/Mulawarman sebagai simbol komando Kodam VI/Mulawarman.