Pasukan TNI Evakuasi Penumpang KM Sabuk

VIVA Militer: Prajurit TNI AL evakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara
Sumber :
  • TNI AL

VIVA – Di bawah pimpinan Letda Laut (S) Ahmad Roni, anggota Pos TNI Angkatan Laut Miangas, melakukan evakuasi puluhan penumpang KM Sabuk Nusantara 95 di perairan Talaud Utara, Sabtu 9 Oktober 2021.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut, para prajurit TNI Angkatan Laut dari Posal Miangas dengan sigap bergerak ke titik evakuasi KM Sabuk Nusantara di tengah cuaca ekstrem.

Angin kencang menyebabkan gelombang laut yang cukup tinggi. Sehingga menyebabkan kapal KM Sabuk Nusantara 95 tidak bisa sandar di dermaga Pelabuhan Miangas.

Aksi evakuasi yang dilakukan prajurit TNI Angkatan Laut berhasil menyelamatkan 45 penumpang KM Sabuk Nusantara 95, dengan dua (2) unit perahu karet Posal Miangas.

Cuaca ekstrem yang terjadi di perairan Talaud Utara ternyata sudah berada dalam pantauan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane, Letkol Mar Adi Sutjipto. Dikatakan Danlanal Melonguane, cuaca ekstrem yang menimbulkan gelombang tinggi sudah sering terjadi.

Prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Melonguane, bahkan sudah tiga kali melakukan evakuasi.

"Kondisi seperti ini sudah saya prediksi akan sering terjadi. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu saya kirim tambahan perahu karet lengkap dengan mesinnya ke Posal Miangas.  Agar apabila kembali terjadi kejadian serupa, maka proses evakuasi penumpang dan barang akan dapat lebih cepat dilakukan," ujar Danlanal

Mengingat seringkali terjadi cuaca ekstrem di perairan Talaud, Danlanal Melonguane menghimbau kepada masyarakat dan seluruh pengguna laut agar senantiasa mengedepankan faktor keamanan.

"Saya juga mengimbau masyarakat terutama para pengguna laut, untuk selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan saat melakukan aktivitas di laut," kata Danlanal.