Pasien COVID di Jakarta Meroket, TNI AU Dirikan Rumkitlap di Halim

VIVA Militer:Panglima TNI Sidak ke Rumkitlap TNI AU di RSAU dr.Esnawan Antariksa
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara mendirikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) untuk menampung pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. Rumkitlap milik TNI Angkatan Udara itu didirikan di halaman Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr.Esnawan Antariksa Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Karena daya tampung rumah sakit sudah overload untuk menampung pasien COVID-19.

Untuk memastikan kesiapan Rumkitlap pasien COVID-19 itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke RSAU dr.Esnawan Antariksa. Panglima TNI yang datang disambut oleh Kepala Rumah Sakit dr.Esnawan Antariksa, Kolonel Kes Mukti Arja Berlian langsung berkeliling mengecek kesiapan Rumkitlap TNI Angkatan Udara tersebut.

“Saya harap RS Lapangan dr. Esnawan Antariksa menjadi salah satu solusi yang dapat diberikan untuk membantu sesama manusia saat menghadapi ledakan COVID-19 saat ini. Layani masyarakat dan keluarga besar TNI dengan hati yang tulus dan ikhlas," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Rabu, 7 Juli 2021.

Photo :
  • Puspen TNI

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit dr.Esnawan Antariksa, Kolonel Kes Mukti Arja menjelaskan, saat ini 20 tempat tidur di RS lapangan sudah terisi semua oleh pasien OTG COVID-19. Dia menambahkan, hari ini akan ada penambahan tempat tidur serta tenda RS Lapangan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sehingga total nantinya Rumkitlap TNI Angkatan Udara itu dapat merawat pasien sejumlah 100 tempat tidur.
 
“Tidak hanya itu saja Panglima, kami juga sedang menyiapkan penambahan Nakes dan Dokter Ahli yang  disiapkan oleh Dinas Kesehatan TNI AU,” kata Kolonel Kes Mukti Arja di hadapan Panglima TNI.

Usai meninjau kesiapan Rumkitlap TNI Angkatan Udara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengunjungi pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 di RSAU dr. Esnawan Antariksa yang sudah berjalan selama dua minggu dan telah mensasar 8.500 orang penerima vaksin. Kepala Rumah Sakit RSAU dr.Esnawan juga menegaskan, bahwa serbuan vaksinasi di RSAU dr.Esnawan Antariksa akan terus berlanjut sampai seluruh masyarakat tervaksin semua.
 
“Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada RSAU dr. Esnawan Antariksa yang telah berinovasi guna membantu masyarakat dan keluarga besar TNI,” ungkap Panglima TNI.