Maskapai dengan Layanan Terbaik Menurut Survei Konsumen

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Maskapai terbaik dan terburuk telah terungkap dalam survei konsumen terbaru. Untuk perjalanan jarak pendek, Turkish Airlines menduduki pooling dengan peringkat bintang lima untuk makanan dan kursinya, sedangkan Vueling Airlines berada di daftar paling bawah.

Dalam kategori jarak jauh, Singapore Airlines dinobatkan sebagai maskapai paling baik, diikuti oleh Emirates dan KLM, sedangkan United Airlines menduduki peringkat terakhir.

Penilaian maskapai terbaik ini meliputi kategori luas kursi, boarding, ketepatan waktu, makanan dan minuman, kenyamanan kabin, layanan pelanggan, serta kenyamanan kursi. Untuk perjalanan pendek, Turkish Airlines mengambil posisi teratas, dengan skor pelanggan 80 persen.

Hal ini diikuti oleh maskapai Guernsey Aurigny Air Services di urutan kedua dengan 76 persen dan Scandinavian Airlines mendapatkan posisi ketiga dengan 75 persen. 

Maskapai yang mendapatkan satu bintang untuk makanan dan minuman serta kenyamanan kursi, yakni maskapai Spanyol Vueling, mendapatkan peringkat paling bawah dalam penerbangan jarak pendek. Sementara itu, penerbangan Iberia mendapatkan posisi tepat di atas Vueling dengan skor keseluruhan 49 persen.

Hasil survei ini juga menunjukkan penurunan skor pelanggan untuk British Airways. Penerbangan ini mendapatkan dua bintang dalam kategori Value for Money, sedangkan tahun lalu mendapatkan tiga bintang. 

Di bagian bawah peringkat, United Airlines dianugerahi dua bintang untuk boarding, kenyamanan kursi, makanan dan minuman, hiburan dalam penerbangan, lingkungan kabin. Namun, maskapai ini dianugerahi tiga bintang untuk kateori Value for Money

"Hasil survei maskapai ini menunjukkan beberapa nama maskapai yang besar butuh meningkatkan nilai mereka." kata Rory Boland, editor Which Travel, seperti dilansir laman Daily Mail.