Pantai Putih, Keindahan Tersembunyi Papua

Pantai Putih
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Manokwari, sebuah kota berdiri tegak di tengkuk kepala burung Pulau Papua menyimpan sejumlah keindahannya yang tersembunyi yang belum terungkap, khususnya mengenai alam wisata.

Salah satunya, pesona wisata alam Pantai Putih yang ada di Manokwari. Sesuai dengan namanya, pantai yang tersaji berwarna putih, sehingga wujudnya memanjakan mata.

Bila Anda sudah berdiri di tepi pantai tersebut, maka pasir yang berwarna putih akan semakin cantik, ketika Anda melihat air yang masih jernih berwarna biru muda, kemudian seakan-akan terdegradasi ke warna hijau dan biru tua.

Menariknya, Pantai Putih ini tak dihiasi oleh deburan ombak seperti pantai kebanyakan. Hanya ada ketenangan sepanjang gugusan pantai tersebut.

Hal ini dikarenakan Pantai Putih berada di kawasan teluk Doreri yang menyebabkan pantai ini adem ayem dari gangguan sang ombak.

Dengan kondisi pantai yang minim ombak ini, maka salah satu wisata alam milik Manokwari menjadi rekomendasi yang tepat untuk berenang bagi anak-anak dan cocok sebagai spot diving.

Bagi yang ingin berenang, maka warga telah menyiapakan perlengkapan renang seperti ban yang siap untuk membawa anak-anak bermain jernihnya pesona alam Manokwari ini.

Namun, bila hanya ingin menikmati suguhan karya alam ini, maka Anda bisa merasakannya dengan duduk santai di beberapa deretan kursi.

Selain itu, bila melihat di sekitarnya, seperti kebanyakan kota yang berada di Papua, Manokwari masih terbilang alami.

Sebab, Ibukota Papua Barat ini terletak di kaki bukit dan pegunungan. Bahkan, bila melihat ke arah utara, maka akan terlihat Pulau Mansinam yang lumayan besar menutupi pandangan ke pegunungan Arfak.

Untuk mengakses pantai tersebut, anda hanya cukup menggunakan kendaraan. Jarak dari pusat kota, sekitar lima kilometer ke arah Kelurahan Pantai Putih. Selama dalam perjalanan, anda akan disajikan pemandangan laut.

Bahkan, soal akses masuknya pun, Pantai Putih bersih dari segala biaya administrasi alias gratis. Anda hanya dikenai biaya parkir saja, bila membawa kendaraan ke Pantai Putih.