Libur Lebaran, Objek Wisata Banten Dipadati 400 Ribu Orang

Pantai Anyer penuh, lalu lintas diallihkan.
Sumber :
  • Dok. Polres Cilegon.

VIVA Travel – Sebanyak 400 ribu orang lebih padati destinasi wisata yang ada di Banten, Jawa Barat. Objek wisata yang paling diminati masyarakat antara lain Pantai Anyer, Carita, Sawarna, Tanjung Lesung hingga Bagedur.

Tak hanya objek wisata alam, destinasi buatan juga turut dipadati masyarakat untuk menghabiskan waktu libur Lebaran Idul Fitri 2023. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi wisata Banten capai 400 ribu," ujar Ketua Umum Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Ade Erivin, melalui pesan tertulisnya, Senin 24 April 2023.

Berdasarkan laporan dari anggota Balawista yang ada di wilayah Banten, nyaris seluruh wilayah di ujung barat Pulau Jawa dipadati wisatawan lokal maupun Jabodetabek.

Ade Ervin bersyukur geliat wisata di Banten kini telah bangkit, usai di hantam tsunami 2018, kemudian pandemi COVID-19 sejak 2020 lalu. Perekonomian masyarakat yang bergantung di sektor pariwisata kini telah bangkit kembali, sehingga dapur mereka kembali ngebul.

"Kunjungan wisatawan kali ini cukup merata hampir terjadi kepadatan di setiap destinasi wisata, bukan hanya pantai tetapi sektor wisata lain juga cukup dipenuhi wisatawan yang berlibur," terangnya.

Pedagang makanan dan minuman ringan, pakaian, oleh-oleh hingga restoran kini menggeliat usai Idul Fitri 1444H. Ade Ervin memprediksi puncak wisatawan berlibur ke wilayah Banten terjadi pada Rabu, 26 April 2023.

"Apabila kondisi berjalan baik maka akan kembali padat pada tanggal 29 dan 30 April 2023," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan destinasi wisata ke Pantai Anyer ditutup Polres Cilegon, lantaran telah dipadati wisatawan. Kendaraan pengunjung diputar balikkan oleh polisi.