Lebih dari Sekadar Olahraga, Futsal Ternyata Bisa Bantu Atasi Trauma Masa Kecil Anak

Ilustrasi anak olahraga.
Sumber :
  • Campaign.

Jakarta, VIVA – Futsal lebih dari sekadar permainan bagi anak-anak. Olahraga ini menjadi media untuk membangun rasa percaya diri dan membantu mengatasi trauma masa kecil. 

Selain itu, futsal juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Olahraga ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak keuntungan baik secara fisik maupun mental. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Jefry Robert Dianto, Pembina Imago Dei Jakarta, bahkan melihat olahraga ini sebagai sarana untuk melindungi anak dari ancaman kekerasan seksual. 

“Anak-anak perempuan di sini (di bawah kolong Tol Penjaringan binaan Yayasan Imago Dei) memiliki potensi luar biasa di bidang futsal. Dengan dukungan yang tepat, mereka bisa menyalurkan hobi, membangun kepercayaan diri, dan meraih prestasi,” ujar Jefry dalam keterangannya, dikutip Kamis 24 Oktober 2024.

Bagi mental anak, futsal sendiri dapat melatih mereka dalam kerjasama tim, meningkatkan disiplin, mengajarkan sportivitas, hingga mengajarkan kemampuan mengambil keputusan.

Sementara bagi fisik anak, olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot dan koordinasi serta keseimbangan, mencegah obesitas, hingga meningkatkan pertumbuhan tulang. 

Bicara futsal, Yayasan Kampus Diakoneia Modern (KDM) dan Campaign yang didukung oleh Yayasan Dunia Lebih Baik, menggerakkan ribuan masyarakat untuk mendukung aksi melalui kampanye sosial #DonasiJamMain di aplikasi Campaign #ForABetterWorld. 

Yayasan Citra Insan Sejati (Imago Dei), Swara Peduli Pride, dan Sekolah Kami Bintara membuka donasi total Rp15 juta. Dana ini akan digunakan untuk menyediakan perlengkapan olahraga seperti sepatu futsal, seragam, bola, dan deker bagi anak-anak prasejahtera di Jabodetabek.

“Bermain futsal tidak hanya melatih keterampilan fisik, tapi juga membantu anak-anak ini mengembangkan rasa percaya diri yang sering kali kurang didapatkan dari lingkungan keluarga mereka,” ungkap Nanda Wulanndari, Pendamping Sekolah Kami Bintara.

Senada dengan itu, Swara Peduli Pride, yang rutin mengadakan latihan futsal untuk anak-anak berusia 8-17 tahun di Duren Sawit, Jakarta Timur, akan memanfaatkan donasi untuk menyediakan seragam turnamen dan sepatu futsal bagi 50-60 anak binaan mereka. 

“Semangat anak-anak sangat tinggi, namun seringkali terkendala oleh fasilitas yang kurang memadai. Kami berharap dukungan ini bisa memberikan mereka kesempatan berlatih dengan perlengkapan yang layak,” ujar Ishla Aura Putri, Bendahara Swara Peduli Pride.