Ini Cara Menggendong Bayi dengan Tepat dan Benar

Ilustrasi ayah mengasuh bayinya.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi banyak orangtua baru, menggendong sang buah hati sering kali menjadi tantangan tersendiri. Ini lantaran banyak dari mereka yang masih kurang paham cara menggendong yang aman serta nyaman bagi orangtua dan juga anak. 

Maka, ketika sebuah video seorang dokter yang menggendong bayi dengan luwes dan leluasa menjadi viral, banyak netizen yang bertanya-tanya dengan yang dilakukannya. Dokter yang belakangan diketahui bernama dr. Ali Sungkar, SpOG itu menjelaskan bahwa yang dilakukannya sebagai contoh untuk tidak perlu takut untuk menggendong anak. 

Namun, ia tetap menggarisbawahi bahwa apa yang dilakukannya hanya boleh dilakukan oleh mereka yang sudah terlatih. Lantas, hal apa saja yang harus diperhatikan saat menggendong bayi?

"Cara untuk memegang bayi yang benar memang melindungi kepalanya dan menahan dadanya. Jadi memang begitu memegang bayi yang benar," ungkap dr. Ali Sungkar saat dihubungi VIVA

Ali menjelaskan bahwa pada saat menggendong, orangtua harus bisa menemukan cara yang nyaman bagi anak dan juga orangtua. Seperti misalnya saja menggendong pada saat menyusui. 

"Jadi selain menahan kepala dan punggungnya itu yang harus diperhatikan ngambil dari tempat tidur," kata dia. 

Menurutnya, ketika tidak tepat dalam menggendongnya, bayi bisa terpeleset, terkilir, atau bahkan terjatuh saat dalam gendongan. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan cara itu.