Dampak Merokok dan Bermain Gadget di Depan Anak

Ilustrasi bahaya merokok.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tanpa disadari, ternyata beberapa kebiasaan yang Anda lakukan bisa berdampak buruk pada sang buah hati. Anak yang pada dasarnya selalu mengikuti dan mencontoh perilaku orangtua bisa saja terjerumus ke hal yang berbahaya.

Dilansir dari laman Boldsky, Selasa 7 Juni 2016, orangtua seringkali merasa telah memberikan hal yang terbaik untuk anak. Namun, mereka juga sering tidak memperhatikan apa dampaknya pada anak dengan perilaku yang mereka lakukan.

Faktanya, orangtua adalah contoh peran yang paling pertama dan utama bagi anak, di mana anak biasanya akan melakukan kebiasaannya dengan hanya melihat perilaku orangtua. Salah satu penemuan teori psikologi bernama teori imitasi memaparkan bahwa anak akan belajar cara bersosialisasi dengan meniru orangtuanya.

Sebut saja penggunaan gadget oleh orangtua di hadapan anak. Seringkali, para orangtua modern ini menelepon dengan jangka lama, berkirim-kiriman pesan dan email di hadapan anak-anaknya.

Si kecil pun akan melihat hal tersebut dan segera melakukan hal yang sama dengan gadget miliknya. Padahal, anak-anak yang sejak dini biasa bermain gadget bisa berdampak kurang baik pada masa pembelajarannya.

Hal yang tidak kalah penting yaitu dampak kebiasaan merokok di depan buah hati. Dengan menunjukkan aktivitas ini di depan anak, Anda membuatnya berpikir bahwa merokok adalah hal yang bisa dan baik dilakukan ketika ia dewasa nanti.

Bukan tidak mungkin mereka pun akan meniru Anda merokok di usianya yang masih muda. Tentu saja hal tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan mereka.

Jadi, sangat penting bagi orangtua untuk menjadi panutan yang baik bagi anak-anaknya tumbuh dan berkembang di lingkungannya. Jangan sampai Anda salah langkah dan hal tersebut ditiru oleh buah hati Anda.