5 Makanan Menggoda Asal Thailand Ini Wajib Dicoba

Masakan Thailand
Sumber :
  • Istimewa

VIVA LIfestyle – Tahun 2022 kegiatan pariwisata di sejumlah negara mulai terbuka bagi wisatawan asing. Para pelancong termasuk wisatawan asal Indonesia diketahui juga mulai berbondong-bondong untuk mengunjungi beberapa negara usai dua tahun pembatasan pergerakan perjalanan akibat COVID-19.

Beberapa wisatawan Indonesia memilih beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sebagai destinasi pilihan mereka. Namun tidak hanya itu saja, Thailand juga menjadi destinasi yang juga tak kalah jadi incaran wisatawan Indonesia. Selain lantaran tidak diperlukannya tes PCR dan asuransi COVID-19 Thailand menjadi destinasi favorit lantaran living cost di sana yang murah.

Thailand, juga menjadi destinasi favorit para wisatawan karena pemandangannya yang menakjubkan dan tempat berbelanja yang terjangkau. Selain itu, Thailand adalah surga untuk pecinta kuliner, karena terkenal dengan rasa khasnya yang cenderung asam pedas.

Berbicara mengenai kuliner Thailand berikut ini daftar kuliner Thailand yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke sana.

1. Pad Thai

Pad Thai adalah salah satu makanan tradisional Thailand. Makanan yang mudah ditemukan di jalanan kota Bangkok ini menjadi makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke negeri Gajah Putih. Pad Thai merupakan masakan tumisan mi beras yang disajikan dengan berbagai macam bahan pelengkap.  Di negara asalnya, hidangan ini dibuat dari kwetiau atau mi beras yang direndam dalam air, kemudian ditumis dengan dicampur telur dan irisan tahu serta dibumbui kecap ikan, bawang putih, bawang merah, cabai merah, serta gula aren.

Pad Thai bisa disajikan dengan pilihan daging ayam, babi atau daging sapi, dengan bahan lain yang disajikan sebagai pilihan, boleh ditambahkan sesuai selera, yaitu tauge, kacang tumbuk, dan jeruk nipis.

2. Tom Yum

Yang juga identik dan tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Thailand adalah mencicipi Tom Yum. Ikon kuliner Thailand ini adalah sejenis sup Thailand yang memiliki cita rasa pedas dan asam, biasanya dimasak dengan udang. Tom yum berasal dari dari dua kata dalam bahasa Thailand. Tom mengacu pada proses perebusan, sedangkan yam berarti 'campuran'

3. Khao Pad

Khao Pad adalah hidangan nasi goreng khas Thailand yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula serta saus kecap. Setelah matang, Khao Pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk. Terdapat banyak variasi untuk asi goreng khas Thailand ini, tapi umumnya Khao Pad disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, atau pun seafood.

4. Som Tam

Hidangan Som Tam mungkin akan tidak terasa aneh bagi wisatawan Indonesia sebab, hidangan ini terbuat dari pepaya muda  yang dibumbui dengan bawang putih, tomat, cabai, jeruk nipis, dan saus ikan. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut menghasilkan cita rasa pedas, manis, serta gurih yang nikmat.

5. Mango Sticky Rice

Hidangan penutup ini terdiri dari ketan, potongan mangga, serta kuah santan. Sempat meledak popularitasnya beberapa tahun yang lalu di Indonesia, mango sticky rice punya beragam variasi topping yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Berbicara mengenai hidangan Thailand, kini para pecinta kuliner nusantara maupun mancanegara, yang berada di Bali, khususnya Ubud, tak perlu lagi merogoh kantong terlalu dalam untuk merasakan nikmatnya menyantap makanan khas Thailand karena Thailand Cuisine Restaurant telah hadir di Ubud.

Ubud dan Bangkok sama-sama memiliki keunikan namun dengan ciri khas dan karakternya masing-masing. Ini Vie Hospitality, sebagai salah satu Hospitality Management terbaik di Bali, melihat adanya peluang untuk menciptakan pengalaman baru berlibur di Bali yaitu memadukan pemandangan khas Ubud dengan makanan khas Thailand. Sans Thai adalah jawabannya.

"Sans Thai memberikan sesuatu yang baru, berbeda, dan masih sangat langka di Ubud, Sans Thai menyuguhkan Authentic Thai Food dengan menggunakan bahan-bahan yang masih segar," kata Marketing - Branding Manager Ini Vie Hospitality,  Gratika dalam keterangannya.

Berlokasi di Banjar Pinjul, Kenderan No. 8, Kabupaten Gianyar, Bali, Sans Thai memberikan pengalaman makan dengan pemandangan sawah hijau khas Ubud.