Resep Kue Kacamata, Rasa dan Tampilannya Begitu Menggoda

Kue kacamata khas Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

VIVA Kuliner – Kue kacamata adalah salah satu jajanan pasar tradisional khas Jawa Tengah. Disebut kacamata karena memang bentuknya bundar dengan irisan pisang di tengahnya, sehingga jika dilihat mirip frame kacamata. 

Bahannya dari singkong yang diparut, diberi gula, garam, dan pewarna makanan. Kemudian ada pisang kepok pipit yang tidak terlalu matang sehingga tidak lembek saat dikukus. 

Kue kacamata biasa dihidangkan dengan taburan kelapa parut muda dan disiran dengan sirup gula Jawa. Meski termasuk makanan tradisional, tapi kue kacamata sering hadir dalam berbagai macam acara resmi.

Kue ini biasanya disajikan dalam tampah bambu yang dilapisi daun pisang. Lalu ditata bersama jajanan pasar lainnya seperti gethuk, klepon, cenil, ketan hitam, dan lain-lain.

Kue kacamata khas Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

Sajian ini kemudian ditaruh di atas meja pejabat maupun peserta yang mengikuti acara seperti seminar, peresmian kantor, dan lain-lain. Juga, tentu saja acara hajatan.

"Saya sering dapat pesanan jajan pasar termasuk kacamata ini. Kalau di hari biasa saya tiap hari bikin untuk dijual di acara-acara seperti car free day, pasar kuliner, dan lain-lain," kata Endang, pembuat jajanan pasar di Semarang.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Sulitkah?

Ternyata tidak. Kata pembuatnya, kue kacamata bisa dibuat sendiri di rumah. Bahannya juga mudah didapat. Tapi, memang harus telaten dan sabar untuk membuatnya.

Bahan-bahannya antara lain, singkong yang diparut halus, pisang kepok pipit, gula pasir, garam, vanili, kelapa parut, pewarna makanan, dan daun pisang. Setelah singkong diparut lalu diberi campuran garam, gula, dan vanili, kemudian aduk hingga rata.

Kue kacamata khas Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

Adonan lalu dibagi menjadi dua. Satu diberi warna merah, satu diberi warna hijau. Taruh masing-masing adonan bersebelahan di atas daun pisang. Di tengahnya diberi pisang kepok. Kemudian digulung dan dibungkus daun pisang serta dikunci dengan lidi atau tusuk gigi.

Kukus adonan tersebut sekitar setengah jam. Setelah matang, didiamkan sampai dingin. Baru kemudian daun pisang dibuka dan kue kacamata sudah jadi dan dipotong-potong.

Potongan tersebut ditata dan ditaburi kelapa parut, dan disiram pakai sirup gula Jawa. Rasanya manis dengan tekstur yang kenyal.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno