8 Makanan Khas Semarang, Mulai dari Jajanan Hingga Makanan Berat

Makanan khas Semarang
Sumber :
  • Instagram @streetfoodstories

VIVA – Makanan khas Semarang menjadi salah satu dari keberagaman kuliner yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap daerah di Nusantara memiliki makanan khasnya masing-masing. Salah satunya termasuk makanan khas Semarang yang juga banyak diminati baik itu oleh warga lokal daerahnya sendiri maupun dari luar daerah. 

Bagi kamu yang sedang melancong ke daerah Semarang rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya. Ada berbagai makanan khas Semarang yang bisa kamu coba saat berkuliner di kota yang memiliki julukan “Kota Lumpia” tersebut. Saat kamu mendatangi kota Semarang, tentu kamu akan ditawarkan berbagai makanan khasnya yang bisa bikin ketagihan. 

Bahkan pada tahun 2015 lalu, Semarang juga pernah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata. Kamu harus mencoba berbagai makanan khas Semarang tersebut mulai dari rasa yang asin gurih, manis hingga asam. Bahkan makanan Semarang tersebut ada yang menjadi legendaris kuliner di Nusantara yang sudah ada sejak tahun 1940-an. Semua makanan khas tersebut bisa kamu temui di setiap sudut kota Semarang. 

Lantas, apa saja makanan khas Semarang tersebut? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan makanan Semarang yang bisa dicoba saat sedang berkuliner di kota yang dijuluki dengan sebutan Venetie Van Java tersebut.

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang.

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Semarang pertama yang cukup populer yakni adalah lumpia Semarang. Lumpia ini berbahan dasar rebung sehingga memiliki aroma yang kuat. Namun tak hanya terbuat dari rebung saja, lumpia Semarang juga terbuat dari bahan lain seperti udang, telur dan daging. Lumpia Semarang biasanya dimakan dengan tambahan bumbu khas atau acar.

2. Nasi Ayam Semarang

Makanan khas Semarang

Photo :
  • Instagram @streetfoodstories

Kalau di Yogyakarta makanan khas yang dikenalnya adalah nasi gudeg, nah kalau di Semarang ada nasi ayam yang menjadi khasnya. Nasi ayam Semarang ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan kuah opor dan sayur labu yang manis, ayam kampung yang sudah disuwir beserta dengan pelengkap lainnya seperti tahu, telir dan krecek dengan bumbu yang khas. Bisa juga ditambahkan dengan lauk lain, misalnya seperti sate telur, sate usus atau dada, paha dan sayap ayam. 

Nasi ayam Semarang ini rasanya sangat lezat dan gurih karena bumbu santan dan rempahnya. Kamu yang melancong ke Semarang wajib mencoba makanan ini sebagai makanan beratnya. 

3. Tahu Petis

Tahu petis

Photo :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

Makanan khas Semarang yang selanjutnya ada tahu petis yang juga cukup dikenal oleh banyak orang baik itu di dalam daerahnya sendiri maupun dari daerah lain. Tahu petis ini rasanya sangat nikmat dan khas tahu tersebut diisi dengan petis yang kemudian digoreng. 

Petis sendiri merupakan sebuah cairan yang berasal dari air sisa rebusan ikan atau udang. Tahu petis juga terbuat dari adonan tepung kanji yang ditambah dengan gula. Ada berbagai jenis tahu petis 

4. Tahu Gimbal

Tahu gimbal khas Semarang

Photo :
  • http://sovikabagol.wordpress.com

Selain tahu petis, ada juga tahu gimbal yang menjadi salah satu makanan khas Semarang selanjutnya. Tahu gimbal merupakan campuran tahu goreng, tempe, gimbal, kol yang sudah diiris-iris dan sambal kacang. Gimbalnya sendiri merupakan ikan dan udang yang dicampur dengan tepung dan dan digoreng kering hingga terlihat seperti gimbal bentuknya. 

Tahu gimbal ini juga merupakan perpaduan dari rasa manis dan pedas yang tentunya sangat lezat dan nikmat saat disantap. Menu yang satu ini disebut sebagai jajanan yang cukup mengenyangkan bila menyantap satu porsinya saja. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang suka makan banyak. 

5. Roti Bantalan Rel

Roti Bantalan Rel

Photo :
  • Instagram @dapur_mar20

Roti bantalan rel ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Semarang yang bisa juga kamu coba saat berkunjung ke kota tersebut. Jajanan yang juga disebut sebagai roti gambang ini cukup unik karena bentuknya yang seperti balok kotak dan mirip bantalan rel kereta api. Oleh karena itu, diberi nama roti bantalan rel. 

Makanan ini terbuat dari tediri dari tepung terigu dan gula dengan tambahan kayu manis yang menjadikannya sebagai cita rasa yang khas. Selain itu, roti ini juga ditaburi dengan biji wijen di atasnya yang membuatnya semakin terlihat enak. Roti ini memiliki tekstur yang keras namun tetap lezat. Makanan yang satu ini sangat cocok menjadi pelengkap saat minum teh atau kopi. 

6. Soto Bangkoang

Soto Bangkoang

Photo :
  • Instagram @surabayafoodies

Soto Bangkoang menjadi salah satu makanan khas lainnya yang bisa dicoba saat kamu mengunjungi kota Semarang. Sama seperti soto pada umumnya, soto bangkoang ini bersikan ayam suwir, tauge, tomat yang sudah diiris, bihun dan taburan bawang putih dan merah yang disantap dengan menggunakan mangkuk kecil. 

Untuk rasa tentu soto bangkoang ini sangat khas dan lezat untuk disantap. Soto ini juga dikenal dan disebut sebagai soto Semarang. Jadi bagi kamu yang sedang mampir ke Semarang jangan sampai melewatkan makanan khas yang satu ini untuk dicicipi. 

7. Burung Belibis Goreng

Burung Belibis Goreng

Photo :
  • Instagram @takkunyah

Ada juga makanan khas lainnya dari Semarang yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya yakni burung belibis goreng. Makanan ini juga mungkin masih asing didengar bahkan dimakan. Seperti yang kita tahu biasanya kebanyakan orang menyantap ayam, bebek, ikan untuk menjadi kuliner. 

Sementara untuk menyantap burung goreng sendiri masih orang yang memakannya. Biasanya Semarang memang menyajikan berbagai olahan burung, termasuk burung belibis yang rasanya tentu enak dan mungkin akan membuat kamu ketagihan. Burung belibis ini teksturnya lebih empuk karena dimasak dengan api kecil dan cukup lama. Tapi tekstur dagingnya tidak jauh beda dengan ayam. 

8. Tahu Pong

Tahu Pong Gajah Mada, Semarang.

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Semarang yang terakhir ada tahu pong yang juga cukup menjadi populer di salah satu kota besar di Indonesia ini. Tahu pong ini sekilas memang mirip dengan tahu petis, namun berbeda dan  merupakan salah satu makanan rumahan di Semarang. 

Tahu Pong dikenal dengan kerenyahannya dan tahunya yang terlihat seperti kosong. Semakin enak lagi bila disantap dengan menggunakan sambal petis udang dan cabai rawit yang dicocol ke tahu. Setelah mencobanya pasti kamu akan merasa ketagihan deh. 

Nah, itulah kumpulan berbagai makanan khas Semarang yang bisa kamu coba saat pergi atau sedang mampir ke kota Semarang. Sebenarnya masih ada banyak lagi kuliner khas Semarang yang bisa kamu coba, namun makanan-makanan di atas menjadi yang direkomendasikan untuk dicoba. Kamu bisa lebih banyak mencoba kuliner lain dan mengeksplore-nya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya. Selamat mencoba!