Menyoal Penyajian Minuman Beralkohol yang Bertanggung Jawab

Ilustrasi bartender.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Jangan pikir menyajikan minuman beralkohol bisa dilakukan sembarangan. Seorang bartender sudah seharusnya bukan cuma pandai meracik cocktail dan minuman lain, namun juga mengerti tentang berbagai informasi tentang alkohol, bahkan sampai proses penyerapannya dalam tubuh.

Itulah sebabnya belum lama ini PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Multi Bintang) bekerja sama dengan Jakarta Hotel Association (JHA) menggelar pelatihan penyajian minuman beralkohol yang bertanggung jawab. Sebagai perusahaan yang erat kaitannya dengan industri hospitality dan pariwisata, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan keunggulan layanan di sektor hospitality dan industri pariwisata di Indonesia.

Setelah mengikuti pelatihan ini, manajer dan karyawan hotel juga bartender diharapkan dapat memahami perilaku konsumen dan mengadvokasi konsumen untuk menikmati minuman beralkohol secara bertanggung jawab.

“Sebagai pionir dalam edukasi penyajian minuman beralkohol yang bertanggung jawab di Indonesia, Multi Bintang bersama mitra outlet kami selalu berupaya untuk melayani konsumen dengan lebih baik dan mengadvokasi konsumen untuk menikmati minuman beralkohol secara bertanggung jawab,” kata Bambang Britono, Corporate Affairs Director PT Multi Bintang Indonesia (Persero) Tbk dalam rilis yang diterima VIVA, Jumat, 4 Mei 2018.

Bambang menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab pihaknya dalam rangka mendukung pariwisata Indonesia, yaitu ikut terlibat secara aktif dalam meningkatkan keunggulan layanan sektor hospitality.

Sementara itu, Ketua Jakarta Hotel Association (JHA) Richard S. Mau mengatakan bahwa pelatihan dan pendidikan untuk menyajikan minuman beralkohol yang bertanggung jawab dibutuhkan untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi.

“Seperti banyak negara maju lainnya, penggunaan alkohol yang tidak bertanggung jawab dapat menjadi masalah. Kami mengapresiasi Multi Bintang untuk mengambil peran kepemimpinan dalam mendidik rekan kami di bidang perhotelan dan makanan minuman melalui pelatihan, pelayanan yang aman kepada konsumen, dan standar operasional prosedur yang tepat jika menghadapi situasi tersebut,” ucapnya.

Sebagai informasi, modul pelatihan penyajian minuman beralkohol yang bertanggung jawab mencakup beberapa bagian, mulai dari informasi umum mengenai alkohol, proses penyerapan alkohol di dalam tubuh dan strategi dalam melayani konsumen dalam pengaruh alkohol yang berlebih.

Sebagai contohnya, karyawan outlet dapat dengan sopan menyarankan konsumennya untuk mengonsumsi camilan, soft drink, atau air mineral saat mereka melayani konsumen dalam pengaruh alkohol yang berlebih.

“Melalui kegiatan ini, Multi Bintang berharap mitra outlet kami dapat mengadvokasi konsumsi yang bertanggung jawab ketika menikmati minuman beralkohol di bar, hotel, restoran, dan kafé,” tutup Bambang. (je)