Tak Punya Gelar Sarjana Bisa Picu Sakit Kronis

Ilustrasi raih gelar sarjana
Sumber :
  • Pixabay/ Violey

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidak memiliki gelar sarjana dari perguruan tinggi berisiko menderita sakit kronis. Dan para ilmuwan mengklaim bahwa sakit yang dialami itu akan lebih intensif.

Demikian suatu hasil penelitian di Amerika Serikat, yang mengungkapkan korelasi mengkhawatirkan antara kekayaan dengan kesehatan, dan kesenjangannya terus melebar. Dilansir Daily Mail, para peneliti dari University of Buffalo itu meneliti lebih dari 19.000 partisipan di atas usia 51 tahun.

Sebagai tambahan dari hasil penelitian awal mereka, para peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan jumlah orang yang menunjukkan gejala sakit dari sebelumnya.

Mereka menemukan bahwa orang dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah, 80 persen lebih berisiko mengalami sakit kronis dibandingkan mereka dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Sedangkan partisipan yang tidak menyelesaikan SMA mereka, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pain, berisiko mengalami sakit kronis yang parah.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memahami kenapa sakit tidak tersebar secara merata pada populasi ini. (ren)