Jalan Kaki 1 Kilometer Tiap Hari, Bisa Bakar Berapa Kalori?

Ilustrasi Jalan Kaki
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Banyak orang memilih berjalan kaki sebagai cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan dan membakar kalori harian. Memang, berapa sih kalori yang dibakar saat berjalan kaki sejauh 1 kilometer?

Rupanya, melansir dari Times of India, jumlah kalori yang dibakar itu sangat bergantung pada beberapa faktor. Mulai dari berat badan, kecepatan berjalan, dan medan yang dilalui.

Contohnya, seseorang dengan berat badan 55 kg yang berjalan dengan kecepatan sedang (5 km/jam), dapat membakar sekitar 50-60 kalori per kilometer. Namun, orang dengan berat badan lebih berat biasanya membakar lebih banyak kalori.

Hal ini karena tubuh mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak. Selain berat badan, kecepatan dan jenis medan suatu jalanan juga memengaruhi pembakaran kalori.

Berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat, seperti 5-6 km/jam, akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan berjalan santai pada kecepatan 3-4 km/jam. Berjalan di area berbukit atau medan yang tidak rata juga membutuhkan lebih banyak tenaga daripada berjalan di permukaan datar, sehingga meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Faktor-faktor itu menunjukkan bahwa berjalan kaki memiliki potensi sebagai olahraga sederhana untuk membantu Anda membakar kalori dan menurunkan berat badan. Nah, jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berjalan kaki.

Tips Bakar Kalori dengan Jalan Kaki

Ilustrasi Jalan Kaki di Malam Hari

Photo :
  • Freepik

Berikut beberapa cara meningkatkan jumlah kalori yang terbakar saat berjalan kaki:

1. Tingkatkan Kecepatan Berjalan
Di urutan pertama adalah, berjalan kaki dengan langkah cepat. Ini akan meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori.

2. Latihan Interval
Coba selingi jalan cepat dengan interval jogging atau sprint. Ini bisa meningkatkan total pembakaran kalori secara signifikan saat berjalan kaki.

3. Gunakan Beban Ringan
Membawa beban ringan atau mengenakan rompi berisi beban saat berjalan akan menambah resistensi, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

4. Pilih Medan Berbukit atau Tidak Rata
Berjalan di jalur berbukit atau medan yang tidak rata, memberi tantangan tambahan yang membuat tubuh Anda bekerja lebih keras.

5. Tambahkan Jarak
Secara bertahap, sebaiknya Anda menambah jarak tempuh. Semakin jauh Anda berjalan, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.