Bidan Muda Ubah Kebiasaan Masyarakat, dari Percaya Dukun Beranak ke Tenaga Medis

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

Lima Puluh Kota, VIVA – Hardinisa Syamitri, seorang bidan yang bertugas di Jorong Luak Bega, Talang Anau, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) pada 2006 berhasil mendapatkan apresiasi SATU Indonesia Awards pada 2013 silam.

Perempuan yang akrab disapa Icha itu kembali mengisahkan perjuangannya dalam mengedukasi masyarakat yang kala itu masih mempercayai dukun beranak. Bahkan, di awal kehadirannya masyarakat sekitar tidak menyambutnya dengan baik.

Strategi awal yang dilakukan Ichan tuk bisa dekat dengan masyarakat yakni dengan menggandeng sejumlah dukun beranak. Setelah itu, dia mulai mengedukasi masyarakat dengan penjelasan sederhana.

Sosok Hardinisa Syamitri atau Bidan Icha

Photo :
  • Istimewa

“Perlahan, masyarakat menyadari bahwa saya memiliki keahlian untuk membantu persalinan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa, 22 Oktober 2024.

Icha bercerita di awal masa tugasnya terdapat suatu peristiwa, seorang bayi yang baru lahir tidak dapat menangis. Dukun setempat kemudian membawa bayi itu kepadanya.

Setelah ditangani Icha, bayi tersebut pun mulai bereaksi dan menangis. Pasca kejadian itu, masyarakat pun mulai menaruh kepercayaan kepada Icha dan menerimanya dengan baik.

Singkatnya, perempuan kelahiran 2 Mei 1984 itu membentuk perkumpulan lansia yang diberi nama Sehat Rohani Jasmani (Seroja). Dengan dibentuknya perkumpulan ini, Icha berharap penyakit regenerative yang kerap diderita lansia seperti, stroke, rematik dan hipertensi dapat dicegah.

“Cara mencegahnya saya rutin mengajak para lansia untuk senam pagi,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, Icha juga sesekali menyisipkan tentang pentingnya pengobatan medis, terutama bagi ibu hamil dan melahirkan.

Ilustrasi pelayanan medis.

Photo :
  • Pixabay

Setelah masyarakat mulai menyadari pentingnya pengobatan medis, Icha harus dipindah tugaskan ke Jorong Talang Anau, daerah tetangga Jorong Luak Bega.

Di tempat barunya, Icha juga melakukan misi yang sama yakni mengedukasi masyarakat ihwal pentingnya pengobatan medis dan menjaga lansia agar tetap sehat lewat perkumpulan Seroja.

Kegigihan Icha dalam mengedukasi masyarakat membuatnya memperoleh penghargaan SATU Indonesia Awards pada 2013 silam.