Vaksin HFMD atau Flu Singapura Kini Hadir di Indonesia

Vaksinasi bersama ibu-ibu
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Mandaya bekerjasama dengan Kalventis menggelar acara peluncuran vaksin Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) atau biasa disebut Flu Singapura pada 18 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri sekitar 130 orang tua yang tergabung dalam komunitas Mom of Mandaya (Mooma) serta dr. Hildegardis Febrina Elanda Liando, Sp.A yang bertindak sebagai pembicara untuk mengedukasi para ibu terkait penyakit yang kerap disebut sebagai Flu Singapura ini.

Vaksin HFMD Flu Singapura ini baru diperkenalkan ke publik karena baru saja hadir di Indonesia. Erwin Suyanto, selaku Public Relation Mandaya Royal Hospital Group menyebutkan bahwa kerjasama ini diharapkan bisa meredakan kekhawatiran para orang tua mengenai penyakit yang bisa memicu ruam, demam, dan nyeri pada anak tersebut.

"Penyakit HFMD adalah salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya apabila tidak segera ditangani, tapi sekarang kita bisa tenang karena sudah ada vaksinnya dengan angka efektivitas hingga 95%, terimakasih juga kepada Kalventis karena sudah menghadirkan vaksin flu singapura ini di Indonesia," jelas Erwin.

Vaksin HFMD diperuntukkan untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun dan diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak antar pemberian selama 1 bulan. Setelah itu, vaksin HFMD ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit HFMD seumur hidup.

Vaksin HFMD sudah tersedia di Mandaya Royal Hospital Puri dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 1 jutaan saja.  Hand, Foot, and Mouth Disease sendiri sebenarnya bisa terjadi pada semua usia. Namun, insiden tertinggi terjadi pada anak-anak berusia di bawah 3 tahun.

Dalam penjelasannya, dr. Hildegardis menjelaskan bahwa infeksi ini bisa menular dari kontak dengan pengidap sebelumnya ataupun dengan barang-barang yang sudah terkontaminasi virus HFMD. 

HFMD paling sering disebabkan oleh enterovirus 71 (EV71). Vaksin yang saat ini ada, menunjukkan efektivitas hingga 95% dalam mencegah kasus HFMD yang disebabkan oleh EV71. Dengan diberikan vaksin, maka diharapkan risiko anak tertular penyakit ini bisa berkurang. 

Acara peluncuran vaksin flu singapura ini menggandeng komunitas MooMa Mandaya yang beranggotakan para ibu-ibu pasien Mandaya yang sudah memiliki 400 orang anggota aktif yang kerap berbincang maupun bertukar pikiran mengenai perawatan anak, parenting, maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan wanita.

Vaksinasi bersama ibu-ibu

Photo :
  • Istimewa

Selain diberikan kesempatan untuk mendapatkan doorprize vaksin gratis, para anggota Mooma juga aktif mengikuti berbagai kegiatan yang sering diselenggarakan sebagai bagian dari aktivitas komunitas, seperti webinar parenting dengan dokter anak, sesi sharing bersama psikolog mengenai tantangan sebagai seorang ibu, hingga kuis-kuis berhadiah dari banyak partner yang bekerjasama dengan Mandaya Royal Hospital Puri.

“Komunitas MooMa Mandaya ini merupakan kumpulan wanita-wanita hebat yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kesehatan ibu dan anak. Contohnya seperti pada event hari ini kita berhasil ngumpul bareng 130 orang MooMa yang akan memberitakan kedatangan vaksin flu singapura ini di Indonesia, mereka hadir dari segala penjuru ada yang dari bogor, serang, karawang dan yang terjauh dari bandung” ujar Manuella selaku Head of Brand & Partnership Mandaya Hospital Group.

Ilustrasi vaksin

Photo :
  • VIVA/ David Rorimpandey

Peluncuran vaksin flu singapura ini sejalan dengan komitmen mandaya dalam menghadirkan pelayanan terpadu untuk anak. RS Mandaya Puri memiliki tim dokter spesialis anak yang tergolong lengkap terdiri dari berbagai subspesialis seperti dokter anak konsultan neurologi, konsultan tumbuh kembang, konsultan jantung anak, konsultan PICU, konsultan kanker anak, konselor laktasi, hingga dokter spesialis anak klinik remaja yang menangani anak dimasa pubertas. 

Besar harapannya setelah vaksin flu singapura (HFMD) ini dikenalkan akan segera diterima dan diadopsi sehingga penyebaran penyakit HFMD dapat berkurang bahkan berakhir di Indonesia. Acara peluncuran pun ditutup dengan pemberian doorprize yang menarik juga vaksinasi flu singapura gratis yang dipersembahkan oleh Kalventis dan Mandaya.