10 Minuman Sehat dan Bergizi, Bantu Jaga Kebugaran Hingga Turunkan Berat Badan

Ilustrasi air lemon.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, 

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • Freepik

Berikut 10 rekomendasi minuman sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan sekaligus mengurangi berbagai risiko penyakit, dikutip dari siaran pers Seolmi. Yuk, scroll!

1. Air Putih
Air putih mengandung mineral esensial, H2O, untuk memulihkan cairan tubuh yang hilang. Itulah alasan mengapa kita sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan air harian minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas.

2. Air Kelapa
Air kelapa dikenal memiliki kandungan potasium yang tinggi tapi rendah kalori. Ini menjadikannya sebagai minuman sehat dan bergizi yang bisa membantu mengembalikan kebugaran setelah penat beraktivitas. Tak cuma itu, air kelapa juga terkenal dengan manfaatnya untuk mendetoks racun-racun di dalam tubuh.

Teh hijau.

Photo :
  • Pixabay

3. Teh Hijau
Dibanding jenis teh lainnya, teh hijau banyak mendapat perhatian karena terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Tanpa tambahan gula, susu, dan bahan lainnya, teh hijau tinggi antioksidan dan mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Teh hijau juga mampu membantu membakar lemak, lho!

4. Kopi Hitam
Kopi murni tanpa gula, susu, apalagi krim adalah minuman bebas kalori yang kaya antioksidan dan zat aktif yang baik untuk memelihara kesehatan. Misalnya mengurangi risiko diabetes, meningkatkan energi, menaikkan mood, hingga memelihara fungsi kognitif.

5. Cokelat
Berasal dari kakao murni, minuman cokelat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus memperbaiki suasana hati. Terutama buat kamu yang sedang menstruasi. Bahkan, kandungan antioksidannya tiga kali lebih banyak ketimbang teh hijau.

6. Susu
Susu memang tergolong minuman sehat dan bergizi. Bagaimana tidak, susu adalah sumber utama kalsium dan vitamin D yang berperan penting dalam pembentukan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Untuk opsi yang lebih sehat, pilih susu rendah lemak atau susu skim.

7. Jamu
Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya yang melimpah, yang mana bisa dimanfaatkan untuk bahan baku minuman herbal atau jamu-jamuan. Salah satunya adalah kunyit asam yang segar, menyehatkan, sekaligus bisa meningkatkan imun dan mengurangi nyeri haid.

8. Perasan Air Lemon
Mengutip laman Healthline, air lemon terbukti memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Ini menjadikan air lemon sebagai minuman sehat dan bergizi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hidrasi, menurunkan berat, dan melancarkan pencernaan.

9. Jus Buah dan Sayuran
Terbuat dari campuran buah dan sayur yang dihaluskan, banyak manfaat yang bisa didapat dari minuman satu ini. Salah satunya adalah untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan serat.

Tapi ternyata, itu saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Cobalah imbangi dengan makanan dan minuman lain, salah satunya Seolmi Probiotic Drink yang diklaim terbuat dari ekstrak Korean black raspberry dan bahan-bahan alami lain yang kaya antioksidan.

10. Protein Shake
Protein shake juga masuk dalam daftar minuman sehat dan bergizi. Protein sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Tak cuma itu, protein juga sangat dibutuhkan bagi yang ingin menurunkan berat badan dan atau menambah massa otot. Opsinya, selain konsumsi telur rebus setiap hari, ada cara ain yang bisa dicoba. Salah satunya dengan minum segelas Seolmi Whey Protein Isolate sebelum berolahraga atau sebagai pengganti sarapan pagi.