6 Cara Terbaik Hilangkan Lemak Perut Sambil Duduk

Ilustrasi buncit akibat penumpukan lemak perut
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Menghilangkan lemak perut bukanlah hal yang mudah, terlebih jika metode yang digunakan tidak tepat. Dari semua jenis lemak, lemak perut adalah yang paling berbahaya karena ada berbagai organ di dalamnya. 

Oleh karena itu, lemak perut yang dibiarkan dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak perut, bahkan sambil duduk. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir Times of India. Yuk, scroll!

Duduk sit-up
Salah satu olahraga paling mudah untuk dicoba adalah sit-up dalam posisi duduk. Cobalah duduk di tepi kursi dengan posisi tangan di belakang kepala. Jaga jari-jari Anda agar saling mengunci, dan luruskan punggung Anda. 

Lalu, bersandar sedikit ke belakang. Angkat dada ke arah lutut. Gerakan ini melibatkan otot perut saat Anda membungkuk ke depan. Buang dan tarik napas saat Anda kembali ke posisi awal. Ulang hingga 15 kali dan lakukan 3 kali repetisi. 

Ilustrasi melakukan peregangan badan setelah duduk lama

Photo :

Pose kupu-kupu
Pose kupu-kupu atau Baddha Konasana adalah cara yang bagus untuk menghilangkan lemak perut sambil duduk, namun tetap dengan pose yang nyaman. Selain menghilangkan lemak perut, ini merupakan cara yang baik untuk menghilangkan stres, yang menjadi faktor risiko utama munculnya lemak perut. 

Duduklah dengan nyaman dan rentangkan kaki Anda, lalu tekuk lutut dan arahkan kaki Anda ke panggul. Tekan telapak kaki Anda bersama-sama, pegang dengan tangan. Gerakkan lutut Anda dengan perlahan ke atas dan ke bawah seperti gerakan sayap kupu-kupu. Jaga punggung Anda tetap lurus dan pertahankan postur tetap tegak untuk menikmati peregangan pinggul yang nyaman. 

Duduk tegak
Postur tubuh Anda dapat memberikan perbedaan besar pada tingkat kebugaran Anda. Memperbaiki postur tubuh adalah langkah pertama untuk menurunkan berat badan. Hindari membungkuk dan cobalah untuk duduk tegak. Cara ini tidak hanya membantu memperbaiki postur, tetapi juga membantu menghilangkan lemak perut. 

Menurut para peneliti, duduk tegak dapat membantu Anda membakar 350 kalori ekstra per hari. Manfaat lain mempertahankan postur tubuh yang tepat sepanjang hari, Anda akan mendapatkan perut yang lebih rata dan kencang. 

Minur air
Air adalah teman terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sembelit yang dapat memicu kembung. Minum air sambil duduk dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme. 

Air penting untuk menghilangkan lemak perut karena molekul lemak dapat terurai dan hidrasi yang tepat sangatlah penting. Dengan demikian, air memainkan peran penting dalam mengurangi lemak. 

Menulis angka dengan kaki
Jika Anda sedang lelah dan enggan bangkit untuk berolahraga, cobalah untuk menulis alfabet atau angka imajiner di udara dengan kaki. Cara ini juga bisa menjadi latihan yang baik untuk menghilangkan lemak perut. 

Ambil napas dalam-dalam
Salah satu faktor risiko terbesar munculnya lemak perut adalah stres. Menurut penelitian, kadar kortisol yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan stres. Anda dapat menghilangkan lemak perut dengan melakukan latihan pernapasan atau Pranayama yang dapat membantu menghilangkan faktor berisiko ini dalam jangka panjang.