Panji Petualang Sakit Diabetes, Gegara Pola Makan Buruk dan Tak Mau Sarapan

Panji Petualang.
Sumber :
  • YouTube/Panji Petualang

VIVA Lifestyle – Lama tak terdengar kabarnya, Panji Petualang menguak fakta bahwa tubuhnya sedang sakit gula atau diabetes mellitus (DM). Diakui presenter dan pecinta satwa ini, penyakit tersebut dialaminya akibat pola makan buruk yang dilakukan sebagai salah satu kebiasaannya.

Kondisi Panji Petualang terkuak saat hadir di kanal Youtube Kang Dedi Mulyadi. Panji Petualang terlihat berdiri dan banyak diam dengan memakai pakaian santai. Dedi Mulyadi pun mempertanyakan kabar Panji Petualang yang terlihat tak lagi sebugar dulu. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

"Kamu kenapa itu wajahnya, kok pucat sekali. Sakit apa kamu, Panji?" tanya Dedi Mulyadi kepada Panji Petualang, dikutip VIVA, Rabu 9 Agustus 2023. 

"Aku lagi sakit pak, sakit gula," jawab Panji Petualang singkat.

Dedi Mulyadi pun dibuat terkejut dengan pengakuan Panji Petualang. Sebab, usianya sendiri masih sangat muda untuk mengidap diabetes. Dedi Mulyadi lantas mempertanyakan penyebab Panji Petualang mengidap penyakit tersebut.

"Selain genetik (keturunan keluarga), dokter bilang apa sampai kamu positif gula," tanya Dedi Mulyadi.

"Pola makan," jawab Panji Petualang.

"Aduh, kamu itu harus merawat tubuh. Ibaratnya, kendaraan yang kita punya saja harus dirawat. Begitupula tubuh kamu," tutur Dedi.

Dedi Mulyadi menyebutkan bahwa tubuh perlu dijaga karena kesehatan sangat mahal harganya. Ia pun menanyakan lebih rinci terkait pola makan yang dimaksud Panji Petualang sebagai penyebab diabetes. Rupanya, Panji Petualang tidak makan dengan pola teratur seperti saat pagi hari yang seharusnya untuk sarapan.

Panji Petualang dan Dedi Mulyadi

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

"Berapa kali sehari kamu makan," tanyanya lagi.

"Saya berhenti makan kadang itu subuh. Pagi juga kadang tidak sarapan," jawab Panji Petualang.

"Kamu jorok ya pola makannya. Harus diubah itu," sahut Dedi Mulyadi.

Dedi Mulyadi kemudian memperinci terkait perawatan atau pengobatan yang diterima oleh Panji Petualang untuk mengatasi diabetes tersebut. Panji Petualang dengan singkat menjawab bahwa ia kerap ke dokter untuk mengatasi kondisi sakit gula yang dialami.

"Kamu berobat ke dokter atau sebatas terapi saja," tanya Dedi lagi.

"Aku ke dokter, pak," jawab Panji Petualang.

Sebelumnya, Penampilan terbaru Panji Petualangan berhasil membuat kaget banyak orang. Ia yang dulunya segar bugar dan tampak gemuk, kini pecinta satwa liar itu tampak kurus dan pucat. Panji Petualang pun jarang memperlihatkan aksinya bermain dengan satwa liar seperti ular kobra.

Dedi Mulyadi pun penasaran dengan penyakit yang saat ini diidap oleh Panji Petualang sampai membuat berat tubuhnya menurun drastis. Panji Petualang mengaku bahwa saat ini dirinya sedang menderita penyakit gula atau diabetes dan telah dialami selama 5 bulan. 

Dedi Mulyadi sangat kaget karena dulu Panji Petualang tampak segar bugar dengan tubuh yang gemuk. Tapi, setelah penyakit gula datang, tubuhnya langsung menyusut. Bahkan, kadar gula di tubuhnya jauh di atas angka normal. 

Kadar gula Panji Petualang yang sangat tinggi itu kembali membuat Dedi Mulyadi terkejut. Ia menyarankan presenter satwa liar itu untuk menjaga pola makan. Sebab, dari sinilah kadar gula bisa berjalan normal. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebugaran tubuh. 

"Tubuhnya dipelihara dong, sayang udah ganteng-ganteng, tapi jadi kurus begini. Wajahnya kelihatan pucat, nggak segar lagi," pesan Dedi Mulyadi untuk Panji Petualang.