5 Kebiasaan Makan yang Bantu Cegah Diabetes, Tidak Cuma Hindari Gula

ilustrasi olahraga di pandemi
Sumber :
  • clinic sport

VIVA Lifestyle – Kebiasaan makan tentu menjadi hal terpenting untuk menjaga kadar gula darah. Untuk mengelolanya, penting menerapkan gaya hidup sehat serta mengikuti kebiasaan makan untuk mencegah diabetes.

Diabetes tipe-2 adalah masalah kesehatan kronis yang menyebabkan kadar gula menumpuk di aliran darah. Dalam kondisi ini, tubuh tidak dapat menggunakan insulin atau hormon yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi. Dengan kondisi ini, produksi insulin seseorang akan terhambat.

Ilustrasi diabetes

Photo :
  • Pixabay/ tumisu

Kabar baiknya, diabetes tipe-2 dapat dikelola dengan beberapa perubahan gaya hidup. Salah satunya dengan cara menerapkan kebiasaan makan yang dapat mengatur kadar gula darah. Berikut Kebiasaan Makan yang Bantu Cegah Diabetest yang VIVA lansir dari berbagai sumber:

1. Pilih Menu Protein untuk Sarapan

Memulai hari dengan makanan berprotein tinggi telah terbukti dapat menyeimbangkan gula darah sepanjang hari.

Melansir dari Eat This Not That, pakar kesehatan mengatakan bahwa mengkombinasikan karbohidrat dengan sumber protein akan memperlambat masuknya glukosa ke aliran darah.

2. Pertahankan Waktu Makan Teratur

Ilustrasi anak makan manis

Photo :
  • Times of India

Ahli nutrisi mengatakan bahwa makan secara berkala setiap 4 jam akan membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Hindari makan saat lapar karena dapat menyebabkan seseorang impulsif. Dalam kondisi lapar, Anda bisa melahap apa pun yang diinginkan. Maka itu, cobalah biasakan makan sebelum Anda terlalu lapar untuk membantu mengatur porsi, sehingga gula darah pun terjaga.

3. Menerapkan Plate Method

Ilustrasi Makanan Siap Saji

Photo :
  • U-Report

Plate method merupakan cara makan meliputi protein, karbohidrat, dan sayuran non-tepung. Untuk menerapkan metode ini, hindari mengisi setengah porsi dari piring dengan sayuran non-tepung.

Metode ini diketahui dapat menjaga kadar gula darah jika Anda memilih untuk makan karbohidrat terakhir setelah menyeimbangkannya dengan protein dan sayuran. Ahli merekomendasikan untuk mulai dengan makan protein terlebih dahulu. Protein dan serat dalam sayuran dapat memperlambat laju karbohidrat yang bersifat meningkatkan glukosa.

4. Berjalan 10 Menit Setelah Makan

Ilustrasi jalan kaki.

Photo :
  • U-Report

Bergerak setelah makan akan membantu mencegah lonjakan gula darah. Salah satunya adalah berjalan kaki cukup 10 menit. Berjalan setelah mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak dapat memperbaiki respons glukosa darah.

5. Hindari Gula Makanan Bertepung

Ilustrasi tepung bebas gluten.

Photo :
  • Pixabay.

Menukil Health Shots, ahli gizi mengatakan bahwa makan terlalu banyak makanan bergula atau bertepung dapat menyebabkan diabetes tipe-2.

Makanan yang masuk ke tubuh akhirnya dipecah menjadi gula, namun dalam jumlah dan kadar yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengurangi asupan gula, termasuk karbohidrat kompleks maupun sederhana. Itulah beberapa kebiasaan makan untuk mencegah diabetes yang dapat diterapkan sehari-hari.