Studi Baru: Obat Penghilang Rasa Sakit Ternyata Bisa Lebih Berbahaya

Nyeri di punggung
Sumber :
  • express

VIVA – Obat-obatan umum yang digunakan untuk mengobati rasa sakit sebenarnya dapat menyebabkan rasa sakit kronis yang eksplosif.  Sebuah studi baru menantang penelitian puluhan tahun untuk menghilangkan rasa sakit yang efektif.

Studi ini menunjukkan penggunaan obat anti-inflamasi dan steroid, yang keduanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sebenarnya dapat menyebabkan rasa sakit kronis. Nyeri kronis adalah keluhan yang tersebar luas di Inggris - 28 juta orang Inggris diperkirakan menderita karenanya.

Sama luasnya dengan perawatan yang ditawarkan untuk menghilangkan rasa sakit. Obat anti-inflamasi dan steroid secara rutin direkomendasikan dan telah digunakan selama beberapa dekade.

Dilansir dari laman Express, sebuah penelitian baru bertentangan dengan ortodoksi ini, menunjukkan bahwa, alih-alih menghilangkan rasa sakit, perawatan umum ini meningkatkan kemungkinan mengembangkan rasa sakit kronis.

Penelitian yang dilakukan oleh McGill University dan rekan-rekannya di Italia, mempertanyakan praktik konvensional yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Pemulihan normal dari cedera yang menyakitkan melibatkan peradangan dan memblokir peradangan itu dengan obat-obatan dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih sulit diobati.

“Selama beberapa dekade sudah menjadi praktik medis standar untuk mengobati rasa sakit dengan obat anti-inflamasi. Tetapi kami menemukan bahwa perbaikan jangka pendek ini dapat menyebabkan masalah jangka panjang,” kata Jeffrey Mogil, seorang Profesor di Departemen Psikologi di Universitas McGill dan Ketua E.P. Taylor.

Bagaimana para peneliti sampai pada kesimpulan ini?

Dalam studi yang dipublikasikan di Science Translational Medicine, para peneliti memeriksa mekanisme rasa sakit pada manusia dan tikus. Mereka menemukan bahwa neutrofil – sejenis sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi – memainkan peran kunci dalam mengatasi rasa sakit.

“Dalam menganalisis gen orang yang menderita nyeri punggung bawah, kami mengamati perubahan aktif dalam gen dari waktu ke waktu pada orang yang rasa sakitnya hilang. Perubahan sel darah dan aktivitasnya tampaknya menjadi faktor terpenting, terutama pada sel yang disebut neutrofil,” kata Luda Diatchenko, Profesor di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ketua Penelitian Canada Excellence dalam Genetika Nyeri Manusia.

Neutrofil mendominasi tahap awal peradangan dan mengatur tahap untuk perbaikan kerusakan jaringan. Peradangan terjadi karena suatu alasan, dan sepertinya berbahaya untuk mengganggunya,” kata Profesor Mogil, yang juga anggota Alan Edwards Center for Research on Pain bersama Profesor Diatchenko.

Eksperimen memblokir neutrofil pada tikus memperpanjang rasa sakit hingga sepuluh kali durasi normal. Mengobati rasa sakit dengan obat antiinflamasi dan steroid seperti deksametason dan diklofenak juga memberikan hasil yang sama, meskipun efektif melawan rasa sakit sejak dini.

Temuan ini juga didukung oleh analisis terpisah dari 500.000 orang di Inggris yang menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan obat anti-inflamasi untuk mengobati rasa sakit mereka lebih mungkin mengalami rasa sakit dua sampai sepuluh tahun kemudian, efek yang tidak terlihat pada orang yang memakai asetaminofen atau antidepresan.

Implikasinya

“Temuan kami menunjukkan mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali cara kami menangani nyeri akut. Untungnya rasa sakit dapat dibunuh dengan cara lain yang tidak melibatkan gangguan peradangan,” kata Massimo Allegri, seorang Dokter di Policlinico of Monza Hospital di Italia dan Ensemble Hospitalier de la Cote di Swiss.

“Kami menemukan bahwa resolusi rasa sakit sebenarnya adalah proses biologis aktif,” kata Profesor Diatchenko. 

Temuan ini harus ditindaklanjuti dengan uji klinis yang secara langsung membandingkan obat antiinflamasi dengan obat penghilang rasa sakit lain yang meredakan rasa sakit dan nyeri tetapi tidak mengganggu peradangan.

Cara alami meredakan nyeri kronis

NHS mengatakan: "Olahraga dan terus bekerja jika Anda bisa adalah kunci untuk mengelola rasa sakit yang persisten, juga dikenal sebagai nyeri kronis, untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih lengkap."

Menurut kesehatan tubuh, berbaring di tempat tidur dalam waktu lama bisa membuat sakit punggung bertahan lebih lama.

Kurangnya aktivitas dapat membuat:

- Anda menegang
- Otot dan tulang Anda lebih lemah
- Tidur  kurang nyenyak
- Anda menjadi kesepian dan depresi
- Nyeri terasa lebih buruk.