Jadikan Kuaci Sebagai Camilan, Sehatkah?

Ilustrasi kuaci
Sumber :
  • Pixabay/nonnatthapat

VIVA – Kuaci adalah salah satu camilan menyehatkan yang menjadi favorit banyak orang. Kuaci berasal dari biji bunga matahari yang diproses dan dikeringkan sedemikian rupa.

Meski mudah ditemui dan banyak dikonsumsi, namun ternyata ada fakta tersembunyi yang tak banyak orang mengetahuinya seputar kuaci.

Ternyata kuaci yang kita kenal itu bukan berasal dari biji, melainkan dari buah bunga matahari (Helianthus annuus). Ya, selama ini memang banyak masyarakat yang salah kaprah. Padahal dalam bidang botani, buah bunga matahari tersebut dikenal dengan cypsela.

Tak hanya enak, kuaci juga bergizi dan dijadikan sebagai salah satu jenis biji-bijian yang wajib konsumsi karena kaya magnesium, vitamin E, dan nutrisi lainnya. 

Meski bergizi dan enak, namun sayangnya banyak orang yang berlebihan mengonsumsi kuaci. Bahkan ada beberapa orang yang ketergantungan mengonsumsi kuaci. Jika demikian, masihkah baik manfaat kuaci untuk tubuh?

Menjawab hal tersebut pakar Gizi klinis dr. Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK akan menjawabnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin, 16 Juli 2018.

Dipandu host dr Reinita Arlin Puspita dan Indra Bekti, AYO HIDUP SEHAT juga akan tayang live stremaingnya pukul 13.00-14.00 di laman ini.