Tips Ampuh Tangani Komplain Pelanggan
- U-Report
VIVA.co.id - Apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar kata-kata komplain? Sesuatu hal yang positif atau negatif? Pikiran kita selalu bereaksi secara negatif kalau kita mendengar kata-kata komplain. Kenapa? Karena kita selalu mengaitkan komplain dengan sesuatu yang tidak enak atau buruk.
Padahal, komplain bukanlah sesuatu yang buruk, komplain adalah masukan untuk kita tentang kelemahan dari perusahaan kita atau diri kita sendiri. Komplain merupakan sesuatu hal yang positif. Yang membuat negatif adalah cara menyampaikannya dengan marah-marah.
Jadi, kita bukan malas menghadapi komplainnya, melainkan malas menghadapi marah-marahnya, bukan? Saat menangani komplain, Anda harus mengingat satu hal. Komplain adalah hal yang positif. Jadi, saat Anda menghadapi komplain pelanggan, Anda hanya membutuhkan dua cara berikut ini.